Sukses

Beauty

5 Cara Mudah dan Praktis Meredakan Sakit Gigi

Menyiksa sekali pastinya jika gigi kita tiba-tiba terasa sakit. Sakit gigi bisa membuat kita susah untuk melakukan semua kegiatan kita. Bahkan rasanya kita malah lebih memilih untuk sakit hati daripada sakit gigi. Ladies, tahukah Anda apa saja penyebab sakit gigi?

Seperti yang dilansir oleh thehealthsite.com, sakit gigi disebabkan oleh banyak faktor seperti gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, hingga akar gigi yang mencuat. Memang sangat disarankan untuk segera menghubungi dokter jika mengalami sakit gigi. Tapi jika Anda berada dalam keadaan darurat dan sangat sulit untuk menghubungi dokter gigi dalam waktu singkat, Anda bisa coba untuk menggunakan lima cara dan teknik ini.

Cengkeh
Cengkeh memang sudah terkenal sebagai pereda sakit gigi. Ini karena cengkeh memiliki kandungan anti radang, anti bakteri, dan anestetik, selain kaya juga akan kandungan anti oksidan. Kandungan tersebut pun bisa meredakan sakit gigi sekaligus mengatasi infeksi.

Anda bisa cukup mengambil cengkeh dan meletakkan di bagian gigi yang sakit. Setelah itu gigit kuat. Atau cara lainnya adalah dengan menumbuk beberapa cengkeh dan campur dengan minyak sayur baru oleskan ke bagian gigi yang sakit.

Bawang Putih
Bawang putih dikenal akan kandungan obatnya dan juga sebagai anti biotik. Bawang putih juga sangat efektif untuk menghambat efek-efek yang ditimbulkan oleh bakteri.

Cukup kunyah beberapa siung bawang putih untuk meredakan sakit gigi. Atau Anda bisa menumbuk bawang putih dengan garam terlebih dahulu baru oleskan campuran tersebut ke bagian gigi yang sakit.

Bawang Bombay
Bawang bombay bisa meredakan sakit gigi sekaligus membunuh kuman-kuman yang menyebabkan infeksi. Ini karena bawang bombay memiliki kandungan anti mikroba dan anti septik.

Cukup kunyah beberapa potong bawang bombay. Atau bisa juga meletakkan potongan bawang bombay mentah ke bagian gigi yang sakit.

Es Batu
Bagi Anda yang memiliki gigi sensitif, menggunakan es untuk meredakan sakit gigi sepertinya bukan sebuah solusi. Tapi ternyata es batu bisa mengurangi rasa sakit gigi dengan membuat saraf dan gusi jadi mati rasa.

Anda bisa menyiapkan es batu yang dimasukkan ke dalam kantung plastik atau dibalut dengan selembar kain. Setelah itu kompres pipi Anda dengan menggunakan es batu tersebut selama beberapa menit. Anda juga bisa meletakkan es batu langsung ke bagian gigi yang sakit, tapi jika saraf yang sakit itu terbuka maka kondisinya bisa makin parah.

Air Hangat dan Garam
Campurkan segelas air hangat dengan 1 sdt garam. Gunakan sebagai air kumur. Campuran air hangat dan garam bisa mengeluarkan cairan dari jaringan gigi yang sakit sehingga bisa mengurangi pembengkakan pada saraf.

Teknik dan cara di atas pada dasarnya adalah solusi sementara untuk sakit gigi yang Anda derita. Sangat disarankan untuk langsung menghubungi dokter apalagi jika sakit gigi tak kunjung sembuh.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading