Sukses

Beauty

Obat Batuk dan Disentri dengan Kedondong

Meskipun bukan buah yang sering dinikmati begitu saja, namun kedondong merupakan salah satu buah yang nikmat dijadikan rujak buah. Rasanya yang asam manis dengan tekstur crunchy atau renyah membuatnya menjadi salah satu buah yang juga baik untuk kesehatan.

Beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari mengonsumsi buah kedondong, menurut kutipan dari laman traditionalternative.blogspot.com, adalah dapat mengobati batuk,diare, infeksi jamur thrush dan bahkan disentri.

Banyak yang mengatakan bahwa jika Anda batuk, maka makan kedondong adalah salah satu obatnya, bahkan banyak pula yang membuat plesetan tentang makan biji kedondong akan membuat batuk lebih cepat selesai. Tentu saja itu tidak benar, Ladies.

Alasan kedondong bisa mengatasi batuk adalah adanya vitamin C yang meredakan gatal di tenggorokan dan memperkuat sistem imun sehingga infeksi virus dapat dimatikan oleh sel darah putih lebih cepat. Cara membuat obatnya cukup mudah, tinggal ambil 2-3 buah kedondong yang sudah dicuci bersih dan diparut, tambah sedikit garam dan minum 3 kali sehari.

Tidak hanya buahnya saja yang bisa digunakan, kulitnya pun juga bisa mengobati diare. Anda bisa mengupas kulit kedondong secukupnya dan direbus dengan 2 gelas air. Biarkan hingga mendidih selama 5 menit, minum air rebusannya selagi hangat di pagi dan sore harinya, Ladies. Hal ini juga sekaligus bisa mengusir sariawan lho Ladies.

Untuk disentri, yang digunakan adalah kulit pohon dan daun tanaman kedondong karena memiliki lebih banyak flavonoid, saponin dan tannin yang merupakan bahan obat-obatan. Untuk membuat ramuannya, cukup kerat kulit pohon kedondong sepanjang 3 buah ibu jari dengan segenggam daun kedondong dan rebus dengan 2 gelas air.

Sisakan segelas dan minum air rebusannya. Konsumsi ramuan ini 2 kali sehari ya Ladies untuk mendapatkan hasil yang signifikan.

Oleh: Anindya Febi

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading