Sukses

Beauty

Cegkeh untuk Memasak dan Obat: Kegunaan Cengkeh

Cengkeh memiliki banyak sekali khasiat yang terkandung di dalamnya. Khasiat tersebut sangat mengagumkan sehingga rempah – rempah ini menjadi salah satu ramuan obat – obatan yang manjur. Selain itu cengkeh masih memiliki banyak kegunaan bagi kehidupan sehari – hari. Diantaranya sebagai bumbu masakan dan juga dapat digunakan untuk aromaterapi.

Banyak sekali masakan yang menggunakan bumbu cengkeh. Diantaranya menurut www.nutrition-and-you.com, cengkeh dapat digunakan bersamaan dengan penggunaan lada, jahe serta bubuk kunyit. Makanan yang banyak menggunakan cengkeh adalah makanan yang berasal dari Timur Tengah dan India. Biasanya cengkeh digunakan untuk membumbui ayam dan daging. Terkadang, cengkeh juga digunakan untuk bahan membuat bumbu kare.

Untuk obat–obatan biasanya yang banyak digunakan dari tanaman cengkeh ini adalah minyak cengkeh. Kandungan eugenolnya yang tinggi menjadikan minyak cengkeh banyak digunakan untuk antiseptik mulut dan gigi. Cara yang paling mudah untuk menggunakan cengkeh sebagai obat tradisional adalah dengan menumpuknya hingga halus atau diseduh dengan air panas sebagai minuman yang menyehatkan.

Karena khasiatnya yang sangat menakjubkan cengkeh bisa juga digunakan sebagai aromaterapi. Hal ini sangat baik untuk relaksasi tubuh setelah bekerja atau beraktifitas seharian. Anda juga bisa menambahkan cengkeh saat Anda sedang berendam air hangat sepulang kerja. Karena minyak esensial yang nantinya dihasilkan oleh cengkh ini dapat meringankan pegal – pegal pada kaki dan tangan Anda.

Oleh: MKN

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading