Sukses

Lifestyle

Bumbu Dapur Kencur, Rimpang dan Daunnya Berkhasiat Obat

Disalir dari infokuliner.pendidikanriau.com tumbuhan kecil yang bernama latin caempreria galanga ini memiliki nama yang berbeda-beda pada tiap daerahnya. Kencur (bahasa Jawa) disebut cikur di Sunda, ceuko di Aceh, kencor di Madura, cekuh di Bali, kencur atau sukung di Manado, asauli/sauleh/soul/umpa di Maluku dan cekir Di Sumba.

Kencur memiliki batang semu yang pendek dan berbunga kecil yang muncul di sela-sela daunnya. Bagian kencur yang paling banyak manfaatnya adalah rimpang, namun daunnya juga memiliki manfaat. Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah penjelasan tentang bumbu dapur kencur, rimpang dan daunnya berkhasiat obat.

Rimpang kencur biasanya bercabang-cabang dan berwarna cokelat gelap mengkilap. Menurut tabloidnova.com rimpang kencur bermanfaat untuk mengobati masuk angin dan melangsingkan tubuh. Untuk mengobati masuk angin kencur sebesar ibu jari hanya perlu dikunyah dengan garam, lalu teruskan dengan meminum air hangat. Sedangkan untuk melangsingkan tubuh yang perlu dilakukan adalah menyeduh dan menyaring air campuran dari rimpang kencur, tepung beras dan gula kelapa dengan air hangat. Agar hasil maximal minum ramuan ini 3 kali sehari.

Daun kencur berwarna hijau gelap dengan bentuk bulat yang mengecil pada bagian ujungnya. Menurut terangkum.wordpress.com daun kencur biasanya digunakan sebagai obat kompres yang berfungsi untuk mengempiskan bengkak. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggiling atau menumbuk daun kencur hingga lembut.

Selamat Mempraktikan di rumah ya Ladies!

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading