Sukses

Lifestyle

Bagian dari Bumbu Dapur Kapulaga yang Bermanfaat

Kapulaga merupakan tumbuhan rempah dunia yang memiliki nama lain pada tiap-tiap negara lo Moms! Di Indonesia kapulaga dikenal dengan nama yang beragam seperti kapol, palago dan karkokala. Di luar negeri seperti Tiongkok kapulaga disebut pai thou kou, sedangkan di Inggris disebut cardamon, di Thailand disebut krava, di India disebut elaichi atau elakkaai, dan dalam bahasa Latin disebut amomum cardamomum. Tumbuhan ini termasuk dalam jenis zingiberaceae yang dikenal dengan nama ronde kardamon atau amome a grape. Bagian dari bumbu dapur kapulaga yang bermanfaat adalah biji buah, batang dan daunnya.

Buah kapulaga berwarna putih kemerah-merahan dengan bentuk bundar agak pipih yang bergaris-garis. Menurut infokuliner.pendidikanriau.com bila sudah kering buah ini akan menjadi keriput dan biji didalamnya akan berwarna cokelat kemerah-merahan. Biji buah inilah yang mengandung minyak atsiri, betakamfer dan alfaborneol yang berkhasiat menyembuhkan radang tenggorokan. Sedangkan dalam penggunaanya sebagai bumbu dapur, biji buah kapulaga bermanfaat untuk menambah aroma sedap pada masakan, kue maupun minuman.

Disalir dari tabloidnova.com pangkal batang kapulaga berwarna hijau kemerah-merahan, sedangkan daunnya pada bagian ujung dan pangkal tidak begitu runcing. Batang dan daun kapulaga ini bermanfaat untuk menyembuhkan pegal-pegal pada tubuh atau sering disebut dengan encok. Caranya adalah dengan menumbuk halus batang dan daun tersebut, setelah itu oleskan tumbukan tersebut pada bagian yang terkena encok.

Oleh: Yousika Nindiana

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading