Sukses

Parenting

Jamu Tradisional untuk Mengatasi Anak Sakit Panas (IX)

Bunda, banyak orang tua yang panik ketika mendapati buah hatinya terserang sakit panas. Anak sakit panas biasa terjadi saat kondisi tubuh si kecil kurang fit. Tak jarang banyak orang tua langsung memberikan obat kimia penurun panas yang dijual di pasaran guna menurunkan panas si kecil, padahal obat tersebut memiliki efek samping yang tentunya kurang baik bagi si kecil.

Perlu Anda ketahui, ternyata air kelapa bisa menurunkan sakit panas lho Bunda. Dijelaskan pada situs healthyeating.sfgate.com, air kelapa kaya akan potasium (kalium). Air kelapa muda banyak mengandung mineral, antara lain kalium. Pada saat panas, tubuh akan mengeluarkan banyak keringat untuk menurunkan suhu tubuh. Nah, untuk menggantikan keringat yang keluar, perbanyaklah minum air kelapa. Air kelapa juga mengandung gula (bervariasi antara 1,7 sampai 2,6 persen) dan protein (0,07-0,55 persen). Karena komposisi gizi yang demikian itu, air kelapa berpotensi dijadikan bahan baku produk pangan.

Tidak cukup itu saja, dilangsir pada situs straightdope.com, secara alami air kelapa mudah memiliki komposisi mineral dan gula yang sempurna sehingga punya kesetimbangan elektrolit yang sempurna pula, sama halnya dengan cairan tubuh manusia. Itu sebabnya mengapa air kelapa dapat digunakan sebagai pengganti cairan infus. Mengingat komposisi mineral yang dikandungnya, air kelapa punyaipotensi besar untuk dikembangkan sebagai minuman isotonik alami.

Nah, manfaatnya sangat banyak ya. Maka dari itu gunakan saja air kelapa untuk meredakan panas si kecil, caranya seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli sebagai berikut: campur satu gelas air kelapa muda dengan 1 sdm madu, kemudian aduk rata. Minum ramuan tersebut sebanyak dua kali sehari.

Selamat mencoba, Bunda. Semoga berkhasiat.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading