Sukses

Parenting

Jamu Tradisional untuk Mengatasi Anak Sakit Panas (VIII)

Bunda, ada banyak kondisi yang bisa mengganggu kerja sistem imun dalam melindungi tubuh si kecil. Diantaranya pengaruh alam bisa karena pergantian musim atau cuaca, wabah penyakit, pola hidup dan pola makan yang tidak sehat dan lingkungan berpolusi. Biasanya anak-anak kerap kali terserang penyakit. Tak jarang si kecil pasti terkena sakit panas. Anak sakit panas bisa dikarenakan beberapa pengaruh yang disebutkan di atas tadi.

Untuk mengobati si kecil dari sakit panas, banyak orang tua tak jarang memberikan obat-obatan kimia yang dijual di pasaran. Tapi apakah Anda tahu bahwa meniran bisa menurunkan panas si kecil lho. Daun Meniran mungkin bagi sebagian orang sedikit asing dengan tumbuhan yang satu ini, tumbuhan yang biasanya hidup di hutan atau di semak ini akan sangat asing bagi orang yang tinggal di perkotaan. Tumbuhan ini tergolong tumbuhan semak, meskipun meniran merupakan tumbuhan semak namun jangan salah tumbuhan ini memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh manusia, salah satunya penurun panas.

Dijelaskan pada situs hort.purdue.edu, meniran ini tinggi tanamannya mencapai 1 meter, tumbuh liar, daunnya berbentuk bulat tergolong daun majemuk bersirip genap. Seluruh bagian tanaman ini dapat digunakan. Seperti halnya dilangsir pada situs wisegeek.com, meniran memiliki kandungan lignan, flavonoid, alkaloid, triterpenoid, tanin, vitamin C, dan lain-lain. Bermanfaat untuk menurunkan panas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Nah, supaya Anda tahu bagaimana mengolah meniran tersebut supaya menjadi obat. Berikut ini ada resep membuat jamu seperti dijelaskan oleh Soeparto yang dijelaskan pada Jamu Jawa Asli, yaitu pertama-tama rebus 1 genggam meniran segar dengan 2 gelas air hingga mendidih dan airnya tinggal 1 gelas. Bagi menjadi 3 bagian dan diminum 3 kali sehari.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading