Sukses

Parenting

Jamu Tradisional untuk Mengatasi Anak Sakit Panas (VII)

Bunda, banyak orangtua panik jika melihat kondisi tubuh si kecil mendapati suhu tubuh anaknya di atas rata-rata atau sering disebut sakit panas. Biasanya jika anak sakit panas ebagai pertolongan pertama, para orang tua umumnya memberikan obat penurun panas yang berbahan dasar kimia seperti golongan parasetamol, asam salisilat, ibuprofen, dan lain-lain. Dan saat ini jarang sekali orangtua yang langsung teringat memberikan obat-obatan tradisional.

Bicara mengenai obat tradisional, Anda tahu bunga sepatu kan? Ternyata kembang sepatu tersebut berkhasiat menurukan panas lho. Dijelaskan pada situs healthtap.com, bahwa kembang sepatu mengandung flavonoida, saponin dan polifenol, yang mampu menurunkan sakit panas.

Kembang sepatu yang memiliki nama Hibiscus rosa-sinensis L ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat populer di berbagai daerah di Indonesia. Banyak juga yang tidak tahu akan kegunaannya selain untuk memperindah taman dan pagar di sekitar rumah aja, ternyata bisa di buat obat herbal.

Nah, supaya Anda bisa menggunakan kembang sepatu sebagai obat herbal, berikut ini ada resep membuat jamu tradisional dari kembang sepatu seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, yaitu pertama-tama akar kembang sepatu ditumbuk halus, kemudian direbus dalam 250ml air yang mendidih selama lebih kurang setengah jam, lalu airnya disaring, diberi 1 sdm madu dan kemudian diminum. Atau bisa juga Anda menggunakan cara yang lain, yaitu cuci bersih daunnya, keringkan dengan lap bersih, panaskan sebentar di atas api agar lemas. Remas-remas sehingga lemas, olesi dengan minyak kelapa, kompreskan pada perut dan kepala si kecil.

Sangat mudah kan, Bunda?

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading