Sukses

Parenting

Jamu Tradisional untuk Mengatasi Anak Sakit Panas (V)

Bunda, saat ini banyak sekali anak yang terserang penyakit. Salah satunya ialah sakit panas. Anak sakit panas sering kali diakibatkan karena kondisi tubuh yang kurang fit. Tak jarang banyak orang tua memberikan obat-obatan yang dijual di apotek guna menurunkan panasnya.

Untuk menurunkan sakit panas pada anak, sebaiknya Anda menggunakan saja ramuan herbal, salah satunya dengan temulawak. Anda semua pasti sudah tak asing dengan temulawak. Penampilan temulawak menyerupai temu putih, hanya warna bunga dan rimpangnya berbeda. Bunga temulawak berwarna putih kuning atau kuning muda, sedangkan temu putih berwarna putih dengan tepi merah. Rimpang temulawak berwarna jingga kecokelatan, sedangkan rimpang bagian dalam temu putih berwarna kuning muda.

Perlu Anda ketahui, seperti dilangsir pada situs doctoroz.com, bahwa temulawak memiliki zat aktif germacrene, xanthorrhizol, alpha betha curcumena, dan lain-lain. Manfaatnya sebagai antiinflamasi (antiperandangan), antibiotik, serta meningkatkan produksi dan sekresi empedu. Temulawak sejak dahulu banyak digunakan sebagai obat penurun panas, merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, diare, mag, perut kembung dan pegal-pegal.

Nah, berikut ini ada tips membuat jamu tradisional berbahan temulawak guna meredakan panas si kecil seperti dijelaskan oleh Soeparto dalam Jamu Jawa Asli, yaitu pertama-tama cuci bersih 10 gram rimpang temulawak. Lalu parutlah dan tambahkan 1/2 gelas air panas, aduk rata. Setelah dingin, peras dan ambil sarinya. Campurlah dengan 2 sdm madu dan aduk rata. Bagi menjadi 3 campuran madu dan temulawak, kemudian berikan 3 kali sehari pada si kecil. Niscaya dalam sehari itu, sakit panas si kecil akan segera reda.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading