Sukses

Beauty

Menguak Serba Serbi Sariawan

Masalah mulut yang kerapkali Anda alami adalah sariawan, penyakit yang sering dipertanyakan apa saja yang menjadi penyebabnya. Memang sih, sariawan ini bukan penyakit yang serius. Namun, benjolan kecil di mulut ini sangat mengganggu kenyamanan Anda makan dan berbicara.

Seperti yang dilansir kembali dari MeetDoctor.com, sariawan merupakan salah satu penyakit sejuta umat ini rupanya memiliki dua tipe, yaitu sariawan ringan dan juga sariawan kompleks. Sariawan ringan adalah sariawan yang muncul sebanyak tiga hingga empat kali dalam setahun. Sariawan ringan juga biasanya berlangsung sekitar satu hingga dua minggu. Orang-orang berusia 10 sampai 20 tahun kerapkali mengalami sariawan ini. Sedangkan sariawan kompleks, adalah sariawan jenis ini sangat sering muncul dan orang-orang akan kembali mengalami sariawan setelah sariawan yang sebelumnya hilang.

Sementara itu, penyebab dari munculnya sariawan bermacam-macam seperti kekebalan tubuh yang kurang baik, luka pada rongga mulut, serta masalah nutrisi seperti kekurangan vitamin C, vitamin B-12, zat besi, dan asam folat.

Untuk mengobatinya, Anda bisa mencoba cara alami yang lebih aman. Misalnya saja dengan dengan menjaga kebersihan rongga mulut, menjaga kekebalan tubuh saat diet, istirahat yang cukup, serta tidak stress berlebihan. Namun Anda perlu mewaspadai akan kemungkinan penyakit lain jika sariawan membesar dan tak kunjung hilang, serta diikuti dengan gejala lain seperti demam.

Sariawan kompleks yang diikuti dengan pembengkakan kelenjar di kepala atau leher kemungkinan merupakan tipe kanker kulit yang disebut squamous cell carcinoma.  Tak hanya itu, sariawan bisa juga merupakan suatu gejala dari HIV yang disebabkan karena kekebalan tubuh yang lemah sehingga tidak dapat menangkal kuman-kuman yang masuk serta memudahkan jamur untuk berkembang di dalam rongga mulut.

Ladies, jangan sampai deh sariawan menyerang Anda. Makanya, Anda perlu menghindari hal-hal yang menjadi penyebabnya.

 

Sumber: MeetDoctor.com

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading