Sukses

Beauty

Resep Obat Batuk Tradisional Murah Meriah dengan Jeruk Nipis

Ladies, nampaknya Anda semua sudah tidak asing dengan jeruk nipis ini. Jeruk nipis yang mempunyai nama latin Citrus aurantifolia ini bisa menjadi obat batuk tradisional lho. Ya, jeruk nipis ini selain sebagai mengobati batuk, ternyata jeruk nipis juga berkhasiat sebagai obat penurun panas, obat sembelit, jerawat, mencegah rambut rontok, menambah nafsu makan, mengatasi suara serak, dan masih banyak lagi.

Dijelaskan pada situs higher-health.org, jeruk nipis mengandung minyak astiri dan zat-zat yang mampu mengendalikan otot-otot di pernapasan sehingga batuk menjadi reda. Menurut para ahli, jeruk yang memiliki rasa khas asam ini banyak dipakai sebagai komponen obat herbal karena pada zaman dahulu tanaman jeruk nipis banyak ditemukan di pekarangan rumah.

Jeruk nipis ini juga mengandung vitamin C yang tinggi, yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat menyembuhkan flu. Dari semua manfaat jeruk nipis, berikut ini cara membuat obat batuk tradisional menggunakan jeruk nipis, yaitu:

Bahan:
1. 1 buah jeruk nipis.
2. Kapur sirih secukupnya.
3. Gula batu juga secukupnya.

Cara pengobatan:
Buah jeruk nipis dibelah menjadi dua bagian. Bagian yang terbelah dibalur dengan kapur sirih, lalu diamkan beberapa saat. Setelah itu, kulit luar dibakar sampai berbuih. Air jeruk diperas, lalu Anda dapat menambahkan gula batu. Setelah tercampur rata, air perasan tersebut lalu diminum.

Oleh : Ismaya Indri Astuti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading