Sukses

Beauty

Ciri Fisik Dari Alang-alang

Mungkin Ladies tidak asing dengan alang-alang bukan? Alang-alang sering kita jumpai di sekitar jalan atau pada tanah yang kosong. Nama ilmiah atau nama latin tanaman alang-alang adalah Imperata cylindrical.

Dahulu orang orang menganggap alang alang tidak mempunyai manfaat apa-apa dan hanya dianggap sebagai rumput biasa. Padahal menurut cakrawaladunia.com, hasil penelitian ahli botani menyebut banyak kandungan kimiawi yang terdapat di dalam akar dan batang tanaman alang-alang.

Tanaman rumput ini memiliki kandungan glukosa, mengandung malic acid, terdapat kandungan citric acid. Selain itu pada akar alang-alang juga terdapat kandungan kimia coixol, arundoin, cylindrin, fermenol, simiarenol serta kandungan anemonin.

Dijelaskan dalam id.wikipedia.org, bagian tanaman alang-alang yang sering digunakan untuk pengobatan adalah bagaian akar(rimpang), bagian daun serta bagian bunganya.

Mesipun alang-alang sudah tidak asing bagi kita, namun ada sebagian dari Ladies yang belum mengetahui ciri-ciri fisik alang-alang. Nah, simak sejenak ya:

1. Daun alang-alang
Daun tanaman alang-alang memiliki bentuk memanjang seperti pita dan berjenis tunggal, pangkalnya saling menutup. Daun alang-alang memiliki warana hijau ada juga yang kemerah-merahan jika umurnya sudah tua, ujung daun runcing dan tajam serta berdiri tegak dan kasar, harus hati-hati jika kita mendekat dan bersentuhan dengan tanaman ini karena daunnya bisa melukai kulit kita dan timbul rasa gatal.

2. Bunga alang-alang
Bunga tanaman alang-alang mempunyai susunan bulir yang majemuk serta agak memguncup, panjang daun bisa tumbuh dari 6 - 28 cm. Di dalam setiap cabangnya terdiri dari 2 bulir.

3. Tangkai alang-alang
Tangkai bunga alang-alang biasanya mempunyai diameter tangkai 1 – 3 mm, pada bagian kepala putik memiliki bentuk menyerupai bulu ayam. Hal tersebut seperti yang dijelasan dalam www.cakrawaladunia.com.

Semoga bermanfaat.

Oleh: Annisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading