Karakteristik Kencur

Jum'at, 15 November 2013 18:57

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, bagi anda yang sering ke dapur pasti tak asing lagi dengan kencur. Kencur selain sebagai bumbu masakan biasa digunakan sebagai bahan jamu seperti beras kencur juga dimanfaatkan sebagai bahan obat, yaitu obat batuk. Yang dimanfaatkan dari kencur ini adalah bagian rimpangnya. Lalu, bagaimana dengan karakteristik jenis tanaman obat ini sendiri?

Ladies, menurut laman alqarniu.blogspot.com tanaman kencur terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga. Akar kencur bercabang-cabang dan bergerompol dengan warna coklat berserabut putih. Batang kencur berwarna keabu-abuan dengan bentuk rimpang dan lunak.

Daun kencur seperti tanaman obat kunyit putih berujung runcing dan mempunyai bentuk bundar dan lonjong. Warna daun hijau tua dan jumlah daun antara 2-3 helai saja. Tiap helai daun mempunyai susunan berhadapan dan melebar. Sedang panjang daun bisa mencapai 70 cm.

Bunga daun kencur merupakan bunga majemuk dan mempunyai bentuk tabung. Tiap bunga memiliki panjang sekitar 4cm dan lebar 2-5cm. Bunga tanaman kencur terdiri dari mahkota bunga dengan jumlah 4-12 buah, benang sari, dan putik. Bunga kencur berwarna putih dengan tepian bunga mempunyai warna lembayung namun lebih banyak warna putih.

Ditambahkan melalui laman bestbudidayatanaman.blogspot.com, rimpang kencur yang sering digunakan biasanya berwarna coklat mengkilap. Sedang daging buahnya sendiri berwarna putih namun kulit luarnya berwarna coklat. Daging buah kencur lunak dan tidak mempunyai serat.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - TANAMAN OBAT
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.