Sukses

Beauty

Bukti Sejarah Jamu Tradisional Indonesia

Moms, Anda sering mengkonsumsi jamu? Jamu memang merupakan warisan dari nenek moyang kita. Selain memiliki banyak manfaat juga cara membuatnya menggunakan bahan alami. Sehingga bebas dari bahan kimia yang dapat merusak tubuh.

Ladies.. ternyata jamu yang biasa Kita konsumsi ini sudah digunakan sejak zaman pra-sejarah loh. Menurut evrinasp.wordpress.com. sejarah tentang jamu dapat ditelusuri dari beberapa bukti sejarah yang ada, antara lain:

1. Dokumentasi tertua tentang jamu yang terdapat pada relief Candi Borobudur (tahun 772 SM), dimana terdapat lukisan tentang ramuan obat tradisional atau jamu.

2. Relief-relief pada Candi Prambanan, Candi Penataran (Blitar), dan Candi Tegalwangi (Kediri) yang menerangkan tentang penggunaan jamu pada zaman dahulu

3. Kitab yang berisi tentang tata cara pengobatan dan jenis-jenis obat tradisional

4. Pada tahun 991-1016 M, perumusan obat dan ekstraksi dari tanaman ditulis pada daun kelapa atau lontar, misalnya seperti Lontar Usada di Bali, dan Lontar Pabbura di Sulawesi Selatan. Beberapa dokumen tersebut telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing.

5. Pada masa kerajaan-kerajaan di Indonesia, pengetahuan mengenai formulasi obat dari bahan alami juga telah dibukukan, misalnya Bab kawruh jampi Jawi oleh keraton Surakarta yang dipublikasikan pada tahun 1858 dan terdiri dari 1734 formulasi herbal

Ditambahkan melalui laman agribisnis.web.id, perkembangan industri jamu di Indonesia sendiri baru mulai sekitar 1900-an melalui industri pembuatan jamu tradisional.

Sejak saat itu, jamu masih dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit tanpa efek negatif dalam jangka panjang. Hebat ya Ladies..

Oleh: Annisa

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading