Sukses

Beauty

Bentuk dan Ciri Fisik Kunyit Putih

Ladies, kunyit putih sudah terkenal akan manfaatnya sebagai bahan pengobatan dan juga kecantikan. Yang paling terkenal kunyit putih bahkan bisa mengobati kanker. Nah, bagaimanakah bentuk dan ciri fisik jenis tanaman obat yang satu ini?

Menurut laman temuputih.com masyarakat di Indonesia biasanya tidak mempunyai media taman khusus untuk menanam kunyit putih ini. Malahan, kebanyakan kunyit putih tumbuh liar di tanah yang lembab dan di udara terbuka. Biasanya tanaman ini banyak di tanam di daerah Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera, Ambon dan bahkan di Papua.

Seperti yang dilansir dari laman budidayatanamanobat.blogspot.com bentuk dari kunyit putih ini mirip tanaman jahe, yaitu memiliki bintik umbi. Warnanya kuning muda agak coklat muda atau krem, sedang jika dikupas umbinya berwarna kuning keputihan maka dari itu dinamakan kunyit putih. Kunyit putih mengeluarkan bau yang khas seperti mangga kweni.

Ciri fisik lain dari tanaman obat dengan nama ilmiah Curcuma alba/Curcuma zedoaria ini biasanya mempunyai tinggi sekitar 2 cm dengan batang semu yang terbentuk dari pelepah daunnya dengan warna hijau. Sedang daunnya meruncing rata dengan tangkai panjang dan pertulangannya menyirip.

Kunyit putih juga mempunyai bunga yang mahkotanya berwarna putih-kuning dengan garis tepi berwarna merah tipis berbentuk bulir.Tandan bunga kunyit putih yang majemuk ini keluar dari rimpang dengan panjang tandan sekitar 20-25cm.

Oleh: Rahmawati

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading