Sukses

Beauty

Yuk, Kenalan Dengan Bawang Merah

Bawang merah sudah menjadi sahabat bagi banyak orang ya. Karena setiap masak, pasti kita bertemu dengan bawang yang satu in nihi. Aroma khas pedasnya membuat orang menangis dibuatnya tuh. Bahkan, jika tidak ada bawang merah mungkin masakan Anda kurang nikmat.

Di balik kenikmatan sensasi bawang merah saat dimakan, ternyata banyak manfaat lain yang akan Anda dapatkan saat mengkonsumsi bawang merah. Salah satunya adalah manfaat bagi kesehatan tubuh Anda nih. Seperti yang dilansir dalam herbalisnusantara.com, tanaman yang bernama latin Allium cepa ini tidak berbatang, daunnya tunggal memanjang dan langsung menyelimuti umbinya.

Umbi lapisnya berwarna merah keputihan. Biasanya, umbi ini lah yang diambil menjadi bawang dan dagingnya lama kelamaan akan semakin menebal dari lapis ke lapis.

Tanaman ini memiliki banyak nama yang berbeda di masing-masing daerah di Indonesia. Misalnya saja di Aceh bernama bawang abang mirah, pia di Batak, bawang abang di Palembang, barambah sirah di Minangkabau sampai dengan bawa kahori di Tidore.

Umbi lapis yang satu ini memiliki sifat khas yang menghangatkan, rasanya yang sedikit pedas dan bau yang menyengat karena mengandung bakterisid, ekspektoran, dan diuretik. Bahkan, ada penelitian telah dilakukan untuk mengukur penurunan kadar gula darah pada kelinci. Ternyata, per 250 mg/kg menyebabkan penurunan kadar gula hingga 23,46% loh!

Dalam www.kesehatan123.com, tanaman ini dapat tumbuh subur di dataran rendah dengan ketinggian 1 – 1500 meter di atas permukaan laut. Bagaimana Ladies, sudah kenal betul dengan bawang merah kan?

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading