Sukses

Beauty

Kemungkinan Efek Samping Dari Obat Herbal

Semua yang masuk ke dalam tubuh manusia memiliki kemungkinan untuk menimbulkan efek samping. Begitu juga dengan obat herbal. Sama dengan obat medis, obat herbal juga dapat menimbulkan efek samping. Efek samping karena obat herbal dapat dipengaruhi oleh dosis yang dikonsumsi, kondisi tubuh dan ada tidaknya obat medis yang dikonsumsi.

Mengetahui khasiat dan dosis adalah salah satu cara untuk meminimalisir efek samping. Ada beberapa efek samping yang mungkin timbul karena obat herbal.
1. Sensitif terhadap cahaya
Ini dapat diketahui apabila Anda merasa kulit Anda seperti terbakar saat berada di bawah sinar matahari. Beberapa tanaman obat dapat menyebabkan efek samping ini meskipun kasus yang ditemukan sangat jarang. Efek samping ini sering terjadi khususnya pada orang Eropa.

2. Iritasi kulit
Beberapa obat herbal yang berkhasiat untuk kulit dapat menimbulkan iritasi. Untuk mengetes apakah Anda cocok menggunakan obat herbal, lovetoknow.com menyarankan dengan menggunakan penutup kulit yang diberi obat herbal dan diikatkan pada kulit siku. Apabila tidak ada perubahan apapun pada kulit, penggunaan obat herbal bisa dilakukan.

3. Mengantuk
Herbal seperti valerian dan kava kava dianggap dapat menyebabkan kantuk. Herbal yang bermanfaat untuk mengatasi depresi, gelisah, dan insomnia tersebut dapat membuat Anda tidur berlebihan. Efek samping ini berbeda-beda pada setiap orang.

Perhatikan dosis konsumsi dengan tepat dan hentikan pemakaian apabila efek samping di atas muncul.

Oleh: Faris Faishal

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading