Sukses

Beauty

5 Suplemen Terbaik untuk Tingkatkan Massa Otot

Latihan beban adalah cara terbaik untuk meningkatkan massa otot. Latihan beban yang ditunjang dengan diet dan suplementasi yang tepat akan membantu mempercepat perkembangan otot.

Di antara fitnesmania mungkin masih ada yang bingung dalam memilih suplemen yang tepat untuk menunjang pembentukan otot. Nah, daripada bingung, berikut ini 5 suplemen yang bisa Anda konsumsi untuk membantu mempercepat pembentukan otot Anda.

Creatine

Creatine adalah kombinasi dari beberapa asam amino yang secara spesifik membentuk fungsi tersendiri. Komponen pembentuk Creatine adalah glycine, agrinine, dan methionine. Tubuh manusia secara alami memproduksi Creatine baik di hati, pankreas, dan ginjal.

Creatine yang diproduksi dialirkan oleh darah ke otot. Begitu mencapai otot, creatine diubah menjadi phospocreatine (creatine phospate), yang berkontribusi pada pembentukan bahan bakar tubuh yang dikenal sebagai ATP (adenosine triphospate).

Manfaat suplementasi creatine:

  • Membantu pembentukan otot bebas lemak
  • Meningkatkan volume sel-sel otot
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Mempercepat pemulihan setelah latihan

Dapatkan Creatine di Duniafitnes Store –> http://bit.ly/HpB9B3

Beta Alanine

Beta Alanine merupakan asam amino non-esensial yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan yang kaya protein seperti unggas, daging, dan ikan.

Beta alanine dapat membantu pembentukan carnosine hingga 60 persen. Carnosine merupakan pelindung intraselular yang sangat kuat, yang berarti akan membantu menjaga tingkat pH otot Anda seimbang dengan cara mencegah produksi asam laktat berlebih ketika berlatih atau berolahraga.

Menurunnya tingkat pH otot di bawah level optimal dan meningkatnya asam laktat dapat membuat tubuh kehilangan power dan stamina ketika berlatih. Beta alanine dapat mencegah hal ini terjadi.

Keuntungan menggunakan suplementasi Beta Alanine:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh saat latihan intensitas tinggi
  • Meningkatkan kekuatan otot
  • Mengurangi keletihan
  • Memungkinkan Anda berlatih lebih keras dan lebih lama
  • Membantu meningkatkan massa otot

Whey Protein

Ini dia suplemen paling populer di kalangan fitnessmania untuk membantu pembentukan otot. Whey Protein merupakan suplemen yang sangat aman untuk dikonsumsi dan dapat memasok tubuh sekitar 19-30 gram protein per serving tergantung tingkat kemurniannya.

Seperti kita ketahui bahwa protein adalah bahan baku pembangun otot. Whey protein merupakan suplementasi protein yang cepat diserap tubuh untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Selain itu, whey protein juga mengandung kalsium, magnesium, dan berbagai mineral yang penting untuk menunjang kesehatan tubuh.

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa whey protein efektif untuk membantu program pembentukan otot dan penurunan berat badan melalui beberapa mekanisme yang berbeda.

Menurunkan Kadar Lemak

Para peneliti dari Minnesota's Applied Research Center menemukan bahwa orang yang melakukan diet dengan mengurangi kalori disertai suplementasi whey protein dapat menurunkan kadar lemak tubuhnya lebih banyak daripada yang hanya menerapkan diet rendah kalori saja.

Meningkatkan Massa Otot

Menambah massa otot dapat mempercepat penurunan berat badan. Ini karena tubuh akan membakar kalori lebih banyak jika otot makin banyak. Hasil penelitian para ahli dari University of Texas Medical Branch menunjukkan bahwa konsumsi whey protein setelah latihan beban dapat meningkatkan pertumbuhan otot dengan cara merangsang pembentukan protein otot.

Mengurangi Napsu Makan

Menambahkan asupan whey protein dapat menekan napsu makan, sehingga menurunkan asupan kalori dan meningkatkan pembakaran lemak. Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism menunjukkan bahwa setelah mengonsumsi whey protein, maka asupan kalori kita akan lebih sedikit daripada biasanya.

Pesan Whey Protein di Duniafitnes Store –> http://bit.ly/1clF7Ir

BCAA

Suplementasi lain yang tak kalah populer di kalangan fitnessmania adalah BCAA atau branch-chained amino acids. BCAA terdiri dari tiga asam amino berbeda yaitu leucine, isoleucine dan valine. Ketiga asam amino tersebut memiliki peran sebesar 30 persen dalam pembentukan otot rangka di dalam tubuh.

Seperti halnya whey protein, BCAA dapat membantu pembentukan otot, membantu pemulihan otot pasca latihan, dan membantu transportasi nutrisi menuju sel-sel otot.

BCAA juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat melakukan latihan ketahanan seperti marathon, renang, ataupun bersepeda. Apa saja manfaat mengonsumsi suplemen BCAA?

Mencegah Penyusutan Otot

BCAA sangat penting untuk mencegah katabolisme (penyusutan) otot pada saat pemulihan setelah latihan.

Membantu Mengurangi Nyeri Otot

BCAA membantu menunda nyeri otot dan kerusakan otot akibat dengan latihan dalam jangka panjang. Semakin sedikit kerusakan dan nyeri otot akan membuat pemulihan menjadi lebih cepat.

Membantu Membuang Lemak Tubuh

BCAA membantu Anda mengurangi lemak tubuh. BCAA juga mengatur dan memelihara rasa kenyang kenyang, leptin, glukosa, adipositas, dan berat badan.

BCAA di Sportindo, klik di sini –> http://bit.ly/1eFRflW

Glutamine

Glutamine adalah asam amino yang paling banyak ditemukan dalam tubuh. Lebih dari 60 persen jaringan otot rangka dibentuk oleh glutamine.

Studi yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition melaporkan bahwa hormon pertumbuhan meningkat sebesar 440 persen setelah menggunakan suplementasi glutamine. Hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energi.

Studi lain yang dilakukan di Louisiana State University Medical College memberikan 2 gram glutamine kepada 9 atlet sehat pada pagi hari, 45 menit setelah sarapan. Hasilnya, hormon pertumbuhan mereka meningkat hingga 440 persen 90 menit setelah mengonsumsi suplemen glutamine.

Glutamine di Sportindo, Klik di sini –> http://bit.ly/19OeU0O

Glutamine juga diketahui berperan penting dalam menyeimbangkan kadar asam laktat tubuh dengan cara menghasilkan ion bikarbonat yang dapat menetralisir asam laktat, sehingga Anda dapat berlatih lebih lama dan berpeluang mendapatkan hasil maksimal. (dan)

BACA JUGA : Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsi Creatine?

[initial]

(vem/df/dyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading