Jamu Kunyit Asam Penurun Barat Badan

Rabu, 04 September 2013 10:22

(c) shutterstock

Vemale.com - Ladies, Memiliki tubuh langsing merupakan idaman setiap kaum hawa. Banyak wanita berlomba-lomba melakukan segala hal demi mendapatkan tubuh yang idamkan. Salah satu caranya ialah dengan meminum jamu tradisional. Salah satunya ialah dengan meminum jamu kunyit asam yang dipercaya ampuh menurunkan berat badan.

Kunyit selain dikenal sebagai bumbu dapur dan pewarna alami untuk memasak, ternyata kunyit juga berkhasiat untuk obat herbal sebagai penurun berat badan. Biasanya kunyit diolah menjadi jamu tradisional. Menurut situs ekstraherbal.com, jamu kunyit asam adalah jamu tradisional warisan nenek moyang tanah jawa yang terbuat dari bahan dasar kunyit dan asam. Berikut ada cara membuatnya jamu kunyit asam:

-Bahan:
½ Kg Kunyit Asam
¼ Gula jawa
½ Kg Asam Jawa
2 Liter Air
½ sendok teh garam

- Cara:
a. Parut atau blender kunyit sampai halus. Lalu peras ambil sari atau airnya.
b. Rebus air perasan dan tambah dengan asam, gula, dan sedikit garam hingga mendidih.
c. Angkat lalu dinginkan, jamu kunyit asam siap untuk diminum. Ditambah es akan lebih nikmat.

Kunyit memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Laman majalahkesehatan.com menambahkan, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, kunyit mengandung zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Zat yang terkadung dalam kunyit diantaranya protein, lemak, karbohidrat, kalium, mineral, zat pati, fosfor, minyak asiri, kurkumin, dan bisdesmetoksikurkunin.

Kombinasi antara kunyit dengan asam berkhasiat memperlancar proses metabolisme tubuh, peredaran darah lancar, lemak terbuang dan oksigen segar mudah mengalir dalam darah, sehingga mampu mengatur keseimbangan berat badan. Selamat mencoba jamu ini ya, Ladies.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)






ARTIKEL TERKAIT - TANAMAN OBAT
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.