Sukses

Beauty

Nafsu Makan Berkurang Saat Stres

Ladies, terkadang jika Anda sedang banyak masalah dan dalam keadaan tertekan dalam waktu yang cukup lama pasti akan membuat Anda menjadi stres berat dan kondisi emosi seringkali tak stabil. Menurut situs caloriesecrets.net, wanita memiliki kecenderungan mengalami stres dua kali lebih besar daripada pria. Namun, hingga saat ini para ahli masih mempelajari berbagai gejala stres yang dialami oleh wanita.

Stres sering dialami oleh banyak orang karena gaya hidup masa kini yang dituntut serba cepat. Stres bisa didefinisikan sebagai keadaan mental seseorang yang dapat mengakibatkan ketegangan pada urat syaraf.

Orang yang stres terkadang nafsu makan mereka bertambah banyak. Memang pada nyatanya stres bisa meningkatkan nafsu makan seseorang, namun tak jarang pula orang yang terlalu banyak pikiran atau stres justru menjadi malas untuk makan. Misalnya saja orang yang baru putus cinta cenderung akan menyiksa dirinya sendiri dengan lebih banyak melamun atau bahasa tenarnya galau, lalu menyendiri dan mengabaikan pola makannya.

Nafsu makan akan berubah ketika emosi dalam keadaan tidak sehat, bahkan bisa saja berat badan langsung turun drastis. Stres ternyata menekan nafsu makan karena hipotalamus melepas hormon corticotrophin yang menekan nafsu makan, disinilah otak mengirim pesan ke kelenjar adrenal untuk memompa hormon epinefrin yang melawan rasa lapar.

Nah, jangan biarkan hidup Anda dalam keadaan stres yang berkepanjangan. Andalah yang memegang kendali untuk kehidupan yang lebih baik. Hindari stres dan jalanilah kehidupan yang penuh petualang ini, ladies.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading