Sukses

Beauty

Obat Herbal: Mengkudu

Ladies, tau kan buah mengkudu yang rasanya pahit dan baunya menyengat? Ternyata buah ini mengandung banyak nutrisi dan manfaat.

Seperti dikutip dari en.wikipedia.org, Mengkudu, atau Morinda citrifolia, termasuk dalam jenis kopi-kopian yang dapat tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Pohon mengkudu bisa tumbuh sampai 9 meter dan banyak dijumpai di daerah Asia Selatan dan Australia.

Buahnya berbentuk lonjong dan memiliki bau yang tajam. Buah mengkudu yang masih muda akan berwarna hijau, kemudian berubah menjadi kuning, dan menjadi agak putih saat sudah masak. Daging buahnya memiliki biji yang banyak dan kecil-kecil. Sedangkan daunnya bersusun berhadapan dan panjangnya sekitar 20-40 cm dan lebarnya 7-15 cm.

Daging buah mengkudu mengandung banyak nutrisi, antara lain vitamin C, vitamin B3, zat besi, dan potassium. Juga terdapat vitamin A, kalsium, dan sodium dalam jumlah sedang. Ketika dipisah, sari buahnya mengandung vitamin C yang jumlahnya setengah dari kandungan jeruk mentah, sodium yang jumlahnya lebih banyak dari jeruk, dan potassium dalam jumlah sedang. Kandungan nutrisi dalam sari buah mengkudu mirip dengan kandungan nutrisi jeruk mentah.

Selain itu, buah mengkudu juga mengandung beberapa phytochemical, seperti lignans, oligosakarida, polisakarida, flavonoids, iridoids, asam lemak, scopoletin, catechin, beta-sitosterol, damnacanthal, dan alkaloids.

Buah, daun, dan akar mengkudu dapat dijadikan obat untuk kram saat menstruasi, sakit kuning, demam, batuk, diabetes, penyakit hati, serta infeksi saluran kencing. Juga, asam linoleic yang terkandung dalam minyak bijinya, dapat digunakan untuk perawatan kulit, seperti anti-inflamasi, mencegah jerawat, dan menjaga kelembaban kulit.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading