Sukses

Beauty

Tidak Enak Badan? Andalkan Lengkuas!

Tidak enak badan? Badan terasa lemas seperti masuk angin? Sebelum Anda pergi ke apotik atau toko obat lainnya, tengok dulu rempah-rempah di dapur. Di antara rempah-rempah yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia, lengkuas adalah salah satu yang berkhasiat untuk mengatasi masalah kesehatan. Menurut situs botanical.com, habitat lengkuas berada di Cina dan Jawa. Rimpang yang satu ini mengandung minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai anti-bakteri dan menghangatkan tubuh.

Jika Anda merasa perut begah seperti terlalu banyak gas di dalam perut, ambil lengkuas seruas ibu jari tangan, kupas, lalu gosokkan pada perut dengan gerakan memutar. Ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang tidak menyukai aroma kuat minyak tawon atau minyak kapak. Pilihan lain adalah dengan mememarkan lengkuas tersebut dan mencampurkannya dengan minyak telon yang aromanya lebih menenangkan sebelum menggosokkannya ke area perut.

Untuk mengeluarkan angin dari dalam tubuh, gunakan lengkuas sebagai pengganti koin seratus rupiah sebagai alat kerokan. Lakukan kerokan seperti biasa yakni dengan menggosokkan lengkuan seruas ibu jari yang sudah dikupas ke bagian punggung Anda.

Guna mengobati batuk rejan/pertusis, obatherbalalami.com memberikan resep: campur lengkuas dengan kayu manis Cina dan bawang merah yang sudah dibakar, tumbuk bersamaan, lalu peras airnya dan diminum sebagai pencahar dahak. Anda bisa menemukan kayu manis Cina di toko obat-obatan herbal asal Cina.

Oleh: Mazhi

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading