Sukses

Beauty

Tubuh Terlalu Kurus Nggak Menyehatkan, 4 Bahaya Ini Mengintaimu

Memang benar kalau kita sangat disarankan punya tubuh ideal dengan bobot yang proporsional agar kesehatan terjaga. Tapi bukan berarti kita menuntut diri untuk punya tubuh kurus. Karena pada kenyataannya tubuh terlalu kurus itu nggak menyehatkan.

Segala yang berlebihan, baik yang terlalu gemuk maupun kurus memang berisiko mengalami penyakit tertentu. Dan tubuh yang terlalu kurus rentan terkena sejumlah penyakit dan gangguan kesehatan Yuk, ikuti infonya lebih detail lagi di sini biar kamu juga bisa lebih waspada dengan kondisi tubuh dan kesehatanmu.

    Sakit Jantung dan Diabetes

    Seperti yang dilansir oleh health.howstuffworks.com, orang yang terlalu kurus juga rentan kena penyakit jantung dan diabetes. Kok bisa? Orang dengan tubuh yang terlalu kurus pun bisa memiliki kadar gula darah dan kolesterol yang tak normal. Sehingga jadi tetap rentan terkena penyakit tersebut. Penting juga untuk mengecek kadar lemak di jantung dan liver karena penumpukan lemak di organ tersebut bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes.

    Anemia

    Memiliki berat badan di bawah normal, tubuh jadi gampang capek. Menurunnya energi dan gampang capek ini merupakan gejala umum anemia. Gejala lainnya meliputi detak jantung tak teratur, napas sesak, pening, dan sakit kepala. Kekurangan sel-sel darah merah bisa menyebabkan anemia. Selain itu, anemia juga bisa disebabkan oleh kekurangan zat besi, vitamin B-12, dan folat.

    Osteoporosis

    Tubuh kita tetap membutuhkan lemak agar fungsi organ dalam tubuh berjalan dengan baik. Salah satu tugas lemak adalah memproduksi estrogen. Kalau tubuh kekurangan estrogen, tulang jadi rapuh dan gampang keropos. Sehingga berisiko terkena osteoporosis. Kalau BMI (body mass index) di bawah normal (18,5) penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

    Masalah Kesuburan

    Siklus haid bisa nggak teratur kalau tubuh terlalu kurus. Efeknya bisa mempengaruhi masalah kesuburan. Bahkan wanita yang terlalu kurus rentan mengalami keguguran di trimester pertama. Kondisi kesuburan dan kehamilan bisa ikut terpengaruh saat tubuh terlalu kurus.

Punya tubuh terlalu kurus, kamu juga rentan atau gampang jatuh sakit. Sistem kekebalan tubuh (imunitas) bisa gampang menurun kalau tubuh terlalu kurus. Apalagi kalau kebutuhan nutrisi dan vitamin tak terpenuhi dengan cukup.

So, Ladies yang paling penting adalah memiliki tubuh sehat. Jangan sampai terobsesi berlebihan memiliki tubuh kurus sampai melupakan soal kesehatan dan hal-hal lain yang lebih penting demi keselamatan jiwamu.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading