Sukses

Beauty

Tips Mengatasi Hidung Tersumbat, Cara No. 4 Gampang Banget

Kalau sudah pilek dan mengalami hidung tersumbat, mau ngapa-ngapain jadi serba tidak nyaman. Bernapas saja susahnya minta ampun, melakukan aktivitas seperti biasa pun tidak akan semudah biasanya. Kalau sudah begini rasanya jadi gampang stres.

Selama ini mungkin kita mengira kalau hidung tersumbat terjadi akibat penumpukan lendir di hidung. Tapi ternyata, seperti yang dilansir oleh lifehack.org, kondisi ini bisa terjadi karena pembuluh darah mengalami radang sehingga menyebabkan pembengkakan di jaringan yang melapisi hidung. Selain itu, hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh infeksi, alergi, dan cedera. Memang cara terbaik untuk mengatasi hidung tersumbat adalah dengan langsung berkonsultasi ke dokter. Tapi kalau ingin memberikan pertolongan pertama, ada sejumlah tips yang bisa kamu coba.

    Mandi Air Hangat

    Mandi dengan air hangat bisa bantu redakan hidung tersumbat meski efeknya hanya sementara. Uap dari air panas bisa bantu mengurangi ketebalan lendir di hidung dan mengatasi peradangan.

    Menggunakan Kompres Hangat

    Siapkan air panas, celupkan handuk kecil yang bersih, lalu kompreskan ke batang hidung. Tapi hati-hati jangan sampai malah menghalangi atau menutupi saluran pernapasan. Imbangi dengan menarik napas dalam beberapa kali untuk mengatasi hidung yang tersumbat. Posisikan kepala senyaman mungkin dan serileks mungkin.

    Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

    Saat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, kelembapan tubuh akan meningkat dan bisa membantu mengatasi iritasi pada hidung. Selain itu, cairan yang masuk ke dalam tubuh juga bisa mempermudah proses pernapasan dan mengatasi tekanan di sinus. Tak hanya minum air putih, kamu juga bisa minum kaldu sup segar atau jus buah segar untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

    Ganti Posisi Tidur

    Nah, cara yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah. Baringkan tubuhmu, gunakan beberapa bantal untuk membuat posisi kepala lebih tinggi. Dengan posisi ini, lendir bisa dicegah agar tidak makin masuk ke dalam.

    Makan Bawang Putih Mentah

    Tahukah kalau bawang putih mengandung anti bakteri yang disebut alisin? Kandungan ini bisa bantu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus penyebab hidung tersumbat. Selain itu bawang putih juga mengandung vitamin C, sulfur, dan kandungan lain yang bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Dan makan bawang putih mentah juga diyakini bisa bantu mengatasi hidung tersumbat. Tinggal kupas bawang putih, bersihkan, lalu kunyah. Kamu bisa mengonsumsi 3-5 siung bawang putih sehari tapi jangan dikonsumsi dalam keadaan perut kosong ya.

Kalau sudah mencoba berbagai cara tersebut tapi masalah hidung tersumbat belum teratasi, segera konsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat, ya. Semoga infonya bermanfaat, Ladies.




(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading