Sukses

Beauty

Saatnya Kamu Tahu, Ini Dampak Negatif Duduk Menyilangkan Kaki

Duduk menyilangkan kaki memang bisa membuat kita terlihat lebih seksi dan feminin. Selain, postur tubuh jadi terlihat lebih menarik dengan duduk menyilangkan kaki. Tapi tahukah kalau terlalu lama duduk dengan menyilangkan kaki itu bisa berdampak negatif?

Terlalu lama menyilangkan kaki atau menumpangkan kaki satu ke kaki lainnya justru buruk untuk kesehatan tubuh. Saatnya kamu lebih tahu dan berhati-hati lagi ketika mengatur posisi duduk. Jangan sampai karena salah mengatur posisi duduk kamu harus menanggung risiko berbahayanya.

Yuk, kita kulik lagi apa saja sih dampak negatif duduk dengan posisi menyilangkan kaki terlalu lama? Dengan begitu, kita bisa lebih hati-hati dan waspada lagi.

Bisa Menyebabkan Varises

Seperti yang dikutip oleh lifehack.org,sejumlah ahli percaya bahwa gen, paparan matahari dan terlalu lama berdiri bisa jadi penyebab varises. Tapi ternyata tak hanya itu saja, menyilangkan kaki juga bisa jadi salah satu penyebab varises. Terlalu lama duduk menyilangkan kaki bisa meningkatkan tekanan pada otot dan menyebabkan pembuluh darah pecah. Wah, kudu hati-hati nih, Ladies.

Terlalu lama menyilangkan kaki juga meningkatkan risiko keseleo otot dan kerusakan otot. Bahkan bisa menyebabkan kelumpuhan sementara akibat selipnya otot dan mati rasa pada kaki. Kerusakan jaringan otot juga bisa terjadi bila kamu memakai celana atau baju yang super ketat.

Tekanan Darah Meningkat

Menyilangkan kaki bisa meningkatkan kadar sistol darah hingga 7% dan diastolik sebanyak 2% dari tekanan darah normal kamu. Tapi efeknya hanya sementara saja. Meski begitu, kita juga perlu tetap menjaga kestabilan tekanan darah demi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Meningkatkan Risiko Nyeri Punggung dan Leher

Nggak mau menderita karena nyeri punggung dan leher? Jangan membiasakan diri duduk dengan menyilangkan kaki. Menurut seorang terapis, Vivian Eisenstadt, kamu berisiko tinggi mengalami nyeri otot leher dan punggung jika terus-terusan duduk dengan posisi menyilangkan kaki. Kenapa bisa begitu? Kondisi ini disebabkan oleh otot yang tertarik dan posisi pinggul yang tidak seimbang sehingga menyebabkan tekanan di beberapa bagian.

Meski terlihat cantik dan seksi, duduk menyilangkan kaki ternyata menyimpan sejumlah risiko dan bahaya bagi kesehatan. Well, kalau cuma sebentar atau beberapa menit saja duduk menyilangkan kaki nggak apa-apa. Tapi kalau sudah merasa ada yang tidak nyaman, segera perbaiki posisi duduk dan postur tubuhmu, ya Ladies.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading