Sukses

Beauty

Ini Alasan Kepalamu Pening dan Hampir Pingsan Setelah Olahraga

Pernahkah kamu merasa kepalamu jadi pening dan bahkan hampir pingsan setelah olahraga? Kamu jadi merasa sangat lelah hingga terasa pening. Hal ini wajar kok ladies, karena tubuh telah bekerja keras dan membakar kalori

Ada tiga penyebab mengapa kamu merasa seakan ingin pingsan selama atau setelah olahraga, yaitu penurunan kadar gula darah, tekanan atau pH tubuh. Darah akan sedikit lebih asam selama kamu melakukan latihan high impact, karena otot-otot tubuhmu melepaskan asam laktat sebagai efek bekerja keras.

Untuk menghindari rasa pening dan mau pingsan karena turunnya gula darah yang drastis, usahakan untuk tidak makan apa pun selama tiga jam sebelum olahraga. Selama kamu tidak puasa seharian dan tidak habis lari maraton, hati dan otot-otot tubuhmu punya banyak persediaan glikogen untuk mempertahankan energi tubuhmu selama olahraga.

Makan sebelum olahraga juga bisa memicu pelepasan insulin yang akan memerintah sel-sel tubuhmu menyerap gula dalam darah. Tak hanya membuat sel tubuh lebih sensitif terhadap insulin, tubuhmu juga akan mengalami penurunan gula darah drastis, dan ini tak baik.

Meski memang tubuhmu akan baik-baik saja nantinya, namun akan lebih baik jika kamu tak merasa pening dan pusing kan? Selain tidak makan 3 jam sebelum olahraga, selalu sediakan air putih selama olahraga dan jaga tubuh agar tidak dehidrasi.

Kurangnya cairan tubuh akan mengganggu keseimbangan tubuh sehingga kamu mudah lelah. Pastikan juga kamu melakukan pendinginan dan stretching otot setelah olahraga untuk mengembalikan keseimbangan tubuh.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading