Sukses

Beauty

5 Manfaat Sehat Ketika Asupan Serat Tercukupi dengan Baik

Sama halnya dengan karbohidrat, lemak dan vitamin, asupan serat sangat dibutuhkan oleh tubuh. Serat adalah nutrisi yang sangat baik buat tubuh karena ia memiliki banyak manfaat sehat. Serat sendiri merupakan nutrisi dari tumbuhan yang bisa kita konsumsi. Karena tersusun oleh karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan di usus, tentunya serat sangat baik untuk kesehatan usus halus maupun usus besar.

Dikutip dari laman boldsky.com, ada beberapa makanan yang mengandung banyak serat dan disarankan untuk dikonsumsi secara rutin. Makanan tersebut antara lain adalah sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Selain baik buat usus atau sistem pencernaan, ada banyak manfaat sehat yang bisa kita dapatkan ketika kebutuhan serat tercukupi. Manfaat sehat tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Mencegah Batu Ginjal

    Ketika asupan serat tercukupi dengan baik, ini akan sangat baik buat kesehatan ginjal. Serat bisa mencegah risiko batu ginjal atau masalah kesehatan lain pada ginjal.

    Menjaga Kadar Gula Darah

    Buat kamu yang ingin memiliki kadar gula darah normal, disarankan agar mencukupi kebutuhan serat dengan baik. Asupan serat yang cukup bisa mengendalikan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes. Keberadaan serat berfungsi menyerap kadar glukosa berlebih di tubuh.

    Menurunkan Risiko Stroke

    Sampai saat ini, stroke telah menjadi salah satu penyakit paling ditakuti dan mematikan. Untuk bisa terhindar dari risiko stroke, usahakan untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat. Tubuh yang mendapat nutrisi serat cukup dipercaya bisa terhindar dari risiko stroke maupun penyakit berbahaya sejenisnya.

    Menyehatkan Jantung

    Konsumsi makanan berserat tinggi penting untuk menjaga kesehatan jantung kamu. Sifat serat yang menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah tubuh bisa membuat jantung semakin sehat dan terhindar dari berbagai risiko penyakit. Selain menyehatkan jantung, serat juga menyehatkan paru-paru, hati dan organ penting lain di tubuh.

    Bantu Menurunkan Badan

    Buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dan berharap program dietmu berhasil, pastikan untuk perbanyak konsumsi makanan berserat tinggi. Makanan berserat bisa membuat kamu merasa awet lapar. Makanan berserat juga mengandung berbagai vitamin serta nutrisi yang rendah lemak atau kalori.


Ladies, itulah sedikitnya lima manfaat serat buat kesehatan tubuh. Mengingat begitu banyak manfaat dari makanan berserat, pastikan untuk selalu mencukupi kebutuhan serat kamu setiap harinya. Semoga info kesehatan ini bermanfaat.
(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading