Sukses

Beauty

Awas, 5 Anggota Tubuh Ini Jadi Sarangnya Bakteri & Kuman

Penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh. Ini tentunya demi menjauhkan kita dari berbagai risiko penyakit. Walau kita sudah menjaga kesehatan dan kebersihan dengan sangat baik, yakni dengan mandi dua kali sehari atau cuci tangan sesering mungkin, bakteri dan kuman tetap saja akan selalu ada di tubuh kita.

Anggota tubuh yang sehari-hari kita lihat bersih dan jauh dari bakteri serta kuman ternyata menjadi tempat bersarangnya berbagai bakteri. Para ahli mengungkapkan jika sedikitnya ada 615 jenis bakteri dan kuman yang bersarang di beberapa anggota tubuh. Adapun beberapa anggota tubuh yang menjadi tempat bersarang bakteri dan kuman tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Mulut

    Anggota tubuh pertama sebagai tempat bersarang bakteri paling banyak adalah mulut. Sebagai tempat awal masuknya segala makanan dan minuman, tidak heran jika mulut menjadi tempat terbaik untuk bakteri juga kuman bersarang hingga berkembang biak. Para ahli mengungkapkan ada lebih 600 bakteri yang bisa bersarang di mulut juga gigi. Untuk itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi maupun mulut.

    Telinga

    Telinga juga telah menjadi tempat terbaik buat bakteri serta kuman bersarang, berkembang biak dan berlindung. Kotoran yang ada di telinga mengandung banyak bakteri dan kuman. Bakteri dan kuman di telinga bahkan akan bertambah semakin banyak dan tidak terkontrol jika kamu sering memakai hands free, ear phone atau sejenisnya sementara kamu jarang membersihkan telinga.

    Kuku

    Sejak dulu kuku dikenal sebagai salah satu anggota tubuh yang bisa menjadi tempat bersarang ratusan hingga ribuan jenis bakteri. Tak heran jika kita semua harus senantiasa membersihkan kuku dan memotong kuku secara berkala. Selain kuku, jari tangan juga bisa menjadi tempat bersarang dan berlindung bermacam-macam bakteri maupun kuman.

    Rambut

    Anggota tubuh selanjutnya yang menjadi tempat bersarangnya bakteri dan kuman adalah rambut. Pernah kamu merasa kulit kepalamu gatal, lepek dan tidak nyaman? Kondisi ini bisa saja terjadi karena ada banyak kuman dan bakteri yang sedang bersarang. Belum lagi, ditambah adanya keringat di kulit kepala yang juga membawa bakteri serta kuman. So, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan rambut dengan keramas setidaknya dua hari sekali.

    Hidung

    Sebagai saluran pernafasan paling utama dan menjadi tempat keluar masuknya oksigen ke dalam tubuh, hidung juga menjadi anggota tubuh paling disukai oleh bakteri dan kuman untuk bersarang. Penting bagi kamu untuk membersihkan kotoran yang ada di hidung secara rutin. Penting juga buatmu untuk memakai masker jika sedang berada di tempat yang penuh polusi.


Itulah beberapa bagian tubuh yang kerap dijadikan bakteri dan kuman bersarang. Meski secara kasat mata anggota tubuh tersebut terlihat bersih, itu tetap bisa menjadi tempat paling ideal dan menyenangkan buat bakteri serta kuman berkembang biak.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading