Sukses

Beauty

5 Makanan Penyebab Diare Jika Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Diare merupakan salah satu masalah kesehatan yang bisa dibilang sangat berbahaya dan berdampak buruk buat kesehatan jika tidak segera diatasi dengan baik. Diare sendiri sebenarnya merupakan masalah kesehatan pencernaan yang bisa disebabkan oleh banyak hal. Hal tersebut antara lain adalah pola makan yang tidak teratur, makanan yang dikonsumsi tidak bersih, makanan yang dikonsumsi bersifat terlalu asam atau pedas juga makanan yang dikonsumsi sudah basi.

Tapi nih ya, terlepas dari beberapa hal di atas, penyebab lain dari diare seperti dikutip dari laman prevention.com adalah konsumsi makanan tertentu di saat perut masih kosong. Para ahli mengungkapkan bahwa ada beberapa makanan yang bisa mendorong masalah diare jika ia dikonsumsi saat perut masih kosong dan dalam kondisi seseorang telat makan. Adapun beberapa makanan yang bisa menyebabkan diare saat dikonsumsi saat perut masih kosong tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

    Kopi

    Siapa yang tidak suka dengan kopi? Bisa dipastikan bahwa semua orang suka dengan kopi. Rasanya yang khas dan aromanya yang wangi membuat kopi disukai oleh hampir semua orang. Tapi tahukah kamu, konsumsi kopi di saat perut masih kosong bisa meningkatkan risiko masalah diare. Tak hanya itu saja, konsumsi kopi saat perut masih kosong juga dikaitkan dengan risiko maag yang lebih tinggi. Kandungan kafein dan zat asam di dalam kopi dipercaya mampu mengiritasi lapisan lambung jika ia dikonsumsi saat lambung atau perut masih kosong.

    Makanan Pedas

    Buat kamu yang sangat suka dengan makanan pedas, usahakan untuk senantiasa hati-hati saat konsumsi makanan pedas. Jangan sampai, kamu konsumsi makanan pedas ketika perut atau lambung masih kosong. Konsumsi makanan pedas saat lambung masih kosong bisa meningkatkan risiko diare yang sangat tinggi. Ini juga bisa menyebabkan nyeri perut dan perut kembung.

    Buah Jeruk

    Memang, buah jeruk adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C dan sangat baik buat kesehatan. Tapi, konsumsi buah jeruk di saat perut masih kosong justru sangat berbahaya dan bisa meningkatkan risiko diare. Zat asam yang sangat tinggi di dalam buah jeruk dipercaya mampu mengiritasi lapisan lambung dan mengacaukan sistem pencernaan jika ia dikonsumsi saat perut masih kosong.

    Produk Olahan Susu

    Walaupun susu dan olahannya dikatakan sangat baik buat sistem pencernaan dan kesehatan tubuh, konsumsi susu juga olahannya di saat perut masih kosong justru bisa menyebabkan diare. Hal ini mengingat bahwa susu maupun olahannya khususnya yogurt bersifat meningkatkan zat asam lambung. Ini juga bisa menyebabkan perut kembung dan nyeri.

    Soft Drink

    Buat kamu yang hobi konsumsi soft drink, pastikan untuk mulai mengurangi hobi tersebut. Peneliti menyebutkan bahwa soft drink tak hanya meningkatkan risiko obesitas atau kegemukan karena ia mengandung pemanis buatan yang tinggi. Lebih jauh, soft drink juga bisa meningkatkan risiko diare dan masalah kesehatan pada sistem pencernaan. Apalagi, jika soft drink ini dikonsumsi saat perut masih kosong dan belum terisi oleh makanan apapun.


Ladies, itulah beberapa makanan yang dipercaya bisa menyebabkan masalah diare jika ia dikonsumsi saat perut masih kosong. Selain makanan di atas, makanan lain yang juga dipercaya bisa menyebabkan risiko diare adalah buah tomat, bir, kacang-kacangan dan makanan berlemak. Agar kita terhindar dari masalah diare, pastikan untuk mengatur pola makan dengan baik dan hindari konsumsi makanan di atas saat perut masih kosong. Semoga, informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading