Sukses

Beauty

10 Kiat Mengusir Ketombe dengan Manfaat Madu

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan adalah madu. Produk satu ini tidak hanya mampu melembapkan sel tubuh saja tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah ketombe. Namun, agar hasilnya lebih optimal, tidak ada salahnya untuk mengombinasikannya dengan beragam bahan lain seperti berikut.

1. Lembapkan Kulit Kepala dengan Madu dan Yoghurt

Kandungan zat alami yang ada pada madu memang dapat menutrisi sekaligus melembapkan sel kulit kepala. Menggunakan madu secara rutin untuk merawat rambut dapat menghindarkanmu dari masalah rambut berketombe. Kali ini, coba untuk mengombinasikannya dengan yoghurt yang kaya akan protein. Tambahan tersebut akan menjadikan kulit kepala dan rambut lebih sehat dan tumbuh subur.

2. Suburkan Rambut dengan Madu dan Pisang

Sedang menghadapi masalah ketombe dan rambut rontok? Tenang, jangan khawatir karena hal tersebut dapat diatasi dengan mudah. Gunakan saja masker yang terbuat dari madu dan buah pisang. Madu mengandung zat anti-jamur yang mencegah jamur penyebab ketombe berkembang biak. Sedangkan buah pisang memiliki zinc yang dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dan menjadikannya lebih subur.

3. Kulit Kepala Lebih Bersih dengan Madu dan Green Tea

Siapa sih yang tidak kenal dengan green tea? Jenis teh asal Jepang ini kini mulai menjadi viral sejak tahun lalu. Nah, bagi yang sedang bermasalah dengan ketombe, coba untuk mencampurkan beberapa sendok makan bubuk green tea pada masker rambut. Pasalnya, green tea memiliki zat antiseptik yang dapat meredakan iritasi serta menjauhkanmu dari jamur penyebab ketombe.

4. Kulit Kepala Lebih Ternutrisi dengan Madu dan Santan

Rambut berketombe memang kerap dibarengi dengan masalah rambut rontok. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan menggunkana produk dengan bahan bernutrisi. Misalnya saja dengan membubuhkan masker madu yang sudah dicampur dengan santan. Santan memiliki protein yang ampuh dalam melembapkan sekaligus menyehatkan kulit kepala. Menggunakannya secara rutin dapat mengurangi jumlah ketombe mau pun rambut rontok.

5. Masker Segar dari Madu dan Lemon

Cuaca yang panas memang membuat kulit terasa tersiksa. Apalagi bagi yang sedang menghadapi masalah ketombe. Terik matahari dapat memperparah iritasi yang juga menjadi penyebab ketombe. Untuk mengatasinya, gunakan masker madu yang sudah ditambahkan dengan air perasan lemon. Kedua bahan tersebut akan meredakan rasa gatal serta menghalu jamur penyebab ketombe pergi.

6. Masker Madu dan Lidah Buaya

Bagi yang memiliki koleksi tanaman lidah buaya, pakailah dalam masker buatan sendiri untuk mengatasi rambut berketombe. Pasalnya, gel lidah buaya mengandung bahan antiseptik yang dapat meredakan iritasi sekaligus mengusir jamur penyebab ketombe. Kombinasi antara lidah buaya dan madu juga menjadikan rambut menjadi lebih sehat dan subur.

7. Masker Madu dan Peppermint Oil

Ingin mendapatkan kulit kepala yang selalu segar dan terhindar dari rambut berketombe? Mengapa tidak membuat masker rambut dari bahan alami yang menyegarkan seperti madu dan peppermint oil saja. Kombinasi keduanya tidak hanya ampuh dalam mengatasi ketombe yang disebabkan oleh iritasi saja. Namun, minyak mint juga memberikan sesnasi dingin menyegarkan pada kulit kepalamu.

8. Masker Madu dan Bawang Putih

Bisa juga mencoba masker alami yang mengatasi ketombe sekaligus menghindarkannya dari jamur penyebab ketombe. Kali ini, campurkan beberapa sendok makan madu dan bawang putuh yang sudah dihaluskan. Bawnag putih mampu menjaga kebersihan kulit kepala dari kotoran atau pun jamur penyebab ketombe.

9. Masker Madu dan Tea Tree Oil

Memiliki masalah dengan kulit berminyak? Tenang saja, kali ini selain melembapkan kulit kepala, tambahkan bahan yang dapat mengontrol produksi minyak pada kulit kepala. Misalnya saja seperti tea tree oil. Minyak ini akan membantu membasmi jamur penyebab ketombe sekaligus menjaga jumlah sebum tetap di angka normal.

10. Masker Madu dengan Cuka Apel

Mengalami masalah dengan kulit kepala yang rentan terserang bakteri penyebab ketombe? Siasati saja dengan mengombinasikan madu dengan cuka apel. Kandungan asam di dalamnya ampuh dalam mengembalikan pH kulit ke angka normal. Cuka apel juga memiliki zat anti-bakteri yang menjaga kebersihan kulit kepala.

Wah, ternyata madu memiliki khasiat yang tidak perlu lagi diragukan dalam merawat kecantikan dan kesehatan tubuh.  Masalah rambut berketombe pun juga dapat teratasi. Agar ketombe membandel tidak datang lagi, jangan malas untuk mengaplikasikannya secara teratur, ya!

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading