Sukses

Beauty

10 Bahan Pencegahan Ketombe yang Mudah Didapatkan

Masalah rambut berketombe memang kerap menghantui beberapa orang. Kondisi rambut yang dipenuhi dengan serpihan putih ini tidak hanya menjadikan penampilan terlihat berantakan saja. Namun, juga kerap menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala. Nah, untuk mengatasi ketombe tidak harus dengan mendatangi salon, bisa juga dengan pencegahan ketombe memanfaatkan sejumlah bahan yang mudah didapat berikut.

1. Cuka Dapur

Produk yang satu ini kerap digunakan untuk membuat acar. Namun, bagi yang sedang bermasalah dengan rambut berketombe juga dapat memanfaatkannya. Pasalnya, tingkat keasaman cuka dapur mengandung zat anti-bakteri dan anti-jamur yang ampuh membasmi penyebab ketombe. Tingkat keasaman dari cuka dapur juga dapat mengembalikan pH kulit kepala ke angka normal.

2. Lemon

Buah yang terkenal dengan kandungan vitamin C-nya ini juga dapat membantumu dalam mengatasi masalah ketombe. Mengoleskan air perasan lemon dapat menjaga kebersihan kulit kepala. Lemon juga mengandung antioksidan yang ampuh dalam menutrisi kulit kepala agar tetap lembap dan terhindar dari kulit kering penyebab ketombe.

3. Baking Soda

Gemar membuat kue? Tentu sudah tidak asing lagi dengan baking soda. Bahan satu ini merupakan bahan pengembang kue. Namun, jika dibalurkan pada kulit kepala, baking soda justru dapat mengatasi rambut berketombe. Kandungan di dalamnya dapat melunakkan tumpukan sel kulit mati penyebab ketombe. Tidak heran jika ketombe akan lebih mudah dirontokkan dari kulit kepala.

4. Aspirin

Jenis obat yang satu ini tentu tersedia dalam kotak P3k. Nah, bagi yang sedang bingung memilih cara mengatasi ketombe, tidak ada salahnya untuk menggunakan aspirin. Kandungan salicyclic acid di dalamnya dapat mengusir jamur penyebab ketombe dari kulit kepala. Kulit kepala pun menjadi lebih bersih dan terbebas dari masalah ketombe.

5. Mouth Wash

Tidak punya banyak waktu mengunjungi salon langganan untuk melakukan perawatan anti ketombe? Tenang saja, kini rambut akan terbebas dari masalah ketombe dengan bantuan mouth wash. Produk pembersih mulut ini diformulasikan dengan zat anti-bakteri yang menjaga mulut tetap segar. Tidak ada salahnya jika mengguyurkan mouth wash pada rambut berketombe demi membasmi jamur penyebab ketombe. Namun, jangan sekali-sekali memilih produk dengan kandungan alkohol karena akan membuat kulit kepala menjadi lebih kering.

6. Madu

Rasa manis yang diberikan oleh madu memang dapat menggantikan gula. Namun, siapa sangka jika bahan alami tersebut juga dapat membebaskan rambut dari masalah ketombe. Hal ini dikarenakan madu memiliki moisturizer serta anti-fungal yang ampuh menjaga kesehatan kulit kepala. Rambut yang rutin menggunakan masker madu akan lebih terasa lebih lembap.

7. Yoghurt

Berbeda lagi dengan pemilik rambut berketombe karena kulit kering. Mengaplikasikan maske rambut dengan tambahan yoghurt bisa mengatasi masalah ketombe. Kandungan protein dalam yoghurt akan melembapkan serta menutrisi sel kulit kepala. Agar hasilnya lebih optimal, kombinasikan pula dengan bahan lain seperti madu atau pun lidah buaya.

8. Jus Bawang Bombay

Bawang yang memiliki ukuran besar ini tidak hanya dapat digunakan untuk bahan baku onion ring saja. Namun, kandungan di dalamnya yang dapat mengatasi ketombe secara alami juga menajdikan bawang Bombay disukai banyak orang. Nah, agar lebih mudah diaplikasikan pada kulit kepala, sebaiknya olah bawang Bombay menjadi jus. Gunakan olahan tersebut sebagai masker yang akan membasmi ketombe.

9. Cuka Apel

Produk olahan apel yang satu ini memang multifungsi sehingga banyak orang yang mencarinya. Hal tersebut dikarenakan kandungan beragam zat yang ada di dalam cuka apel. Misalnya saja anti-bakteri, antiseptik dan anti-jamur yang akan menjaga kulit kepala tetap bersih dari penyebab ketombe. Menggunakan cuka apel juga dapat mengembalikan pH kulit sehingga kulit tidak rentan terkena masalah rambut.

10. Bawang Putih

Bawang putih bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur saja. Faktanya, kandungan antiseptik yang ada pada bawang putih juga dapat menghindarkanmu dari jamur atau pun bakteri jahat. Hal ini dapat dijadikan salah satu cara mengatasi rambut ketombe secara alami campurkan saja beberapa sendok bawang putih bubuk pada masker rambut atau pun sampo favoritmu.

Wah, ternyata deretan bahan di atas memang mudah untuk didapatkan. Mulai dari bumbu dapur hingga obat-obatan yang selalu tersedia di dalam kotak P3K. Namun, agar rambut terbebas dari masalah ketombe secara optimal, jangan lupa untuk menyesuiakan kandungan di dalamnya dengan kondisi kulit kepala. Selain itu, untuk mencegah ketombe datang kembali, jangan malas untuk mengaplikasikan secara teratur.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading