Sukses

Beauty

10 Ramuan Alami Untuk Rambut Bebas dari Ketombe

Memiliki rambut sehat dan menawan adalah dambaan. Namun kalau terlihat ada ketombe di helainya, aduh bisa pusing tujuh keliling. Yuk cari tahu penyebab ketombe dan ramuan alami untuk mengatasinya.

1. Air Perasan Lemon

Ramuan yang satu ini cukup mudah untuk dibuat. Sediakan beberapa buah lemon segar. Peras lemon tersebut hingga sari di dalamnya keluar. Campurkan dengan air yang akan menjadi air bilasanmu. Kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya akan meluruhkan kotoran atau pun jamur penyebab ketombe.

2. Fenugreek Hair Rinse

Selain lemon, bisa juga menggunakan tanaman herbal yang mampu mengatasi ketombe. Seperti halnya dengan fenugreek. Kali ini, ambil setangkup biji fenugreek dan rendam selama semalaman dalam seember air. Biarkan fenugreek larut di dalamnya. Gunakan air tersebut untuk membilas rambut setelah berkeramas. Namun, jangan lupa untuk membilasnya lagi menggunakan air bersih agar tidak ada sisa fenugreek yang tertinggal.

3. Baking Soda Hair Rinse

Bahan lain yang dapat mengatasi masalah ketombe adalah baking soda. Melarutkan beberapa sendok makan baking soda dapat dijadikan salah satu referensi hair rinse yang mencegah ketombe dating kembali. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi pemilik kulit sensitive karena berisiko menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

4. Lemon dan Dadih

Mengombinasikan lemon yang kaya akan vitamin dan juga dadih susu bisa menjadi alternatif untuk mengatasi rambut berketombe. Apalagi bagi rambut berketombe yang disebabkan oleh kulit kepala kering. Mengoleskan campuran kedua bahan ini akan melembapkan kulit kepala secara optimal dan mengusir penyebab ketombe.

5. Baking Soda dan Lemon

Selain dadih, bisa juga mencampurkan lemon dengan baking soda untuk mengatasi ketombe. Ramuan ini akan meluruhkan tumpukan sel kulit mati penyebab ketombe. Sedangkan kandungan nutrisi pada lemon sendiri akan menyegarkan dan melindungi kulit kepala dari jamur atau pun kotoran penyebab ketombe.

6. Masker Minyak Kelapa

Kulit kepala yang kering sering menjadi penyebab ketombe. Salah satu untuk mengatasi ketombe yang diakibatkan oleh kondisi tersebut adalah dengan membalurkan bahan pelembap. Misalnya saja dengan mengoleskan minyak kelapa secara menyeluruh. Bahan satu ini akan menutrisi sekaligus menghidrasi sel kulit kepala secara optimal. Membubuhkannya secara rutin dalam jangka waktu tertentu tidak hanya membasmi ketombe, tetapi juga menjadikan rambut lebih sehat dan lebat.

7. Pisang dan Cuka

Campuran dari pisang dan cuka juga dapat dijadikan hair rinse yang dapat mengatasi ketombe. Kombinasi keduanya akan menutrisi kulit kepala secara optimal. Tidak hanya itu, masker buah pisang yang dicampur dengan cuka juga menjaga kebersihan kulit kepala dari bakteri mau pun jamur penyebab ketombe.

8. Baking Soda dan Cuka

Mengalami rambut berketombe yang disebabkan oleh jamur? Jangan ragu untuk mengatasi ketombe menggunakan campuran dari baking soda dan cuka. Kedua bahan tersebut akan membersihkan kulit kepala dan rambut secara menyeluruh dari jamur penyebab ketombe. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi pemilik kulit sensitif karena dapat memicu iritasi atau pun ruam pada kulit kepala.

9. Neem dan Minyak Zaitun

Neem merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan rambut. Tidak terkecuali dengan masalah rambut berketombe. Cara pengolahannya cukup mudah, hanya dengan mengombinasikan pasta daun neem dengan minyak zaitun. Selain membasmi ketombe secara menyeluruh, rambut pun akan tumbuh dengan sehat.

10. Minyak Kelapa dan Madu

Minyak kelapa memang dikenal sebagai salah satu minyak yang kaya akan nutrisi. Tidak heran jika minyak ini kerap digunakan untuk merawat kecantikan dan kesehatan tubuh. Bahkan, minyak kelaapa juga dimanfaatkan sebagai bahan anti ketombe. Sifatnya yang melembapkan akan mencegah ketombe muncul. Apalagi jika dikombinasikan dengan madu yang memiliki banyak zat antiseptik.

Sederet ramuan alami di atas akan membantumu dalam menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Selain itu, kandungan formula di dalamnya juga ampuh dalam menutrisi sel kulit kepala dan rambut secara optimal. Bahkan, beberapa bahan akan membasmi ketombe secara menyeluruh. Namun, jangan lupa pula untuk menggunakan shampo khusus ketombe agar hasilnya lebih terlihat.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Ketombe atau dandruff berasal dari bahasa Anglo-saxon, yang merupakan gabungan kata yang berarti tetter, yaitu penyakit kulit

    Ketombe

What's On Fimela
Loading