Sukses

Beauty

Kutu Rambut Lenyap dengan Bawang Putih, Ini Caranya!

Rambut berkutu? Wah, pasti rasanya tidak nyaman sekali. Tak hanya gatal tapi juga bisa menciptakan sensasi panas di kulit kepala. Dan yang pastinya jadi nggak percaya diri untuk beraktivitas.

Pada dasarnya rasa gatal yang dialami orang dengan rambut berkutu itu bukan berasal dari gigitan kutu rambut. Tapi gatal itu terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi terhadap parasit tersebut. Kutu rambut ini bisa menular karena kontak langsung dan kontak tidak langsung. Yang dimaksud kontak langsung adalah ketika rambut kita bersentuhan dengan rambut orang yang berkutu, sehingga memungkinkan kutu rambut itu merayap hingga berpindah tempat ke rambut kita. Sementara kontak tidak langsung ini terjadi melalui perantara benda yang dipakai bersama (seperti sisir, helm, bantal, handuk, baju, dsb) dan telah terkontaminasi kutu rambut atau telur kutu rambut.

Ada banyak cara dan metode melenyapkan kutu rambut. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan bawang putih. Dilansir dari lifehack.org,aroma bawang putih yang menyengat bisa mengusir dan melenyapkan kutu rambut. Selengkapnya, berikut caranya.

Ulek 8-10 siung bawang putih. Lalu campurkan dengan 3 sdm air perasan jeruk nipis, aduk rata. Oleskan campuran ini secara merata ke rambut, diamkan selama 30 menit. Bilas hingga bersih. Lakukan dua kali seminggu.

Sangat disarankan untuk menggunakan sisir serit untuk menyisir rambut. Jadi untuk memastikan rambut tak lagi berkutu, cuci rambut seperti biasa. Gunakan conditioner untuk mendapatkan rambut yang lebih halus dan lembut. Gunakan sisir biasa terlebih dahulu untuk menyisir rambut agar tak kusut. Baru setelah itu pakai sisir serit. Sisir perlahan dan cek apakah ada kutu yang terselip di gigi-gigi sisir.

Lakukan perawatan ini secara berkala dan rutin untuk mendapatkan hasil optimal yang diinginkan. Kalau belum berhasil juga, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli perawatan rambut.

Semoga info ini bermanfaat, Ladies!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading