Sukses

Beauty

10 Kebiasaan Kecil Ini Bantu Mencegah Ketombe Datang

Rambut berketombe merupakan salah satu masalah rambut yang kerap menyerang kulit kepala di daerah tropis seperti Indonesia. Penyebab ketombe sendiri beragam. Mulai dari kulit kepala yang kering hingga kurangnya asupan nutrisi pada tubuh. Untuk mengatasinya ada beberapa kebiasaan kecil yang harus dilakukan seperti berikut.

1. Shampo Khusus Ketombe

Memakai shampo khusus ketombe memang menjadi salah satu solusi untuk mengatasi ketombe. Namun, cara pemakaian yang salah justru akan memperparah kondisinya. Maka dari itu, selalu ikuti petunjuk yang tercantum dalam produk tersebut agar kulit kepala tetap bersih. Misalnya saja ada sejumlah sampo yang mengharuskan untuk mendiamkan selama beberapa menit sebelum bilas, agar formulanya lebih meresap. Ada juga yang menginstruksikan untuk segera membilasnya hingga bersih.

2. Selektif Memilih Sampo

Bagi yang ingin menggunakan shampo khusus ketombe, jangan asal pilih. Pakailah produk yang sesuai dengan kondisi kulit kepala agar hasilnya lebih optimal. Bagi kulit yang rentan kering, aplikasikan sampo dengan kandungan coal tar. Sedangkan bagi yang sering beraktivitas di tempat terbuka, pilihlah sampo dengan campuran ketoconazole atau zinc pyrithione yang ampuh dalamĀ  mengatasi penyebab ketombe.

3. Perhatikan Kandungan Sampo

Beragam jenis shampo khusus ketombe tentu memiliki formula yang berbeda. Maka dari itu, jangan sampai kandungan di dalamnya membuat rambut menjadi rusak. Sampo dengan campuran coal tar di dalamnya tidak disarankan bagi pemilik rambut berwarna gelap. Pasalnya, coal tar dapat mengubah rambut menjadi lebih terang. Selain itu, penggunaan coal tar juga menjadikan kulit kepala menjadi lebih sensitif. Khususnya terhadap sinar matahari yang mengharuskanmu menggunakan topi. Bisa juga karena sun protector saat sedang berkegiatan di tempat terbuka.

4. Gunakan Sisir yang Bersih

Demi menjaga kebersihan tubuh, gunakan peralatan milik sendiri. hal tersebut bertujuan agar tubuh tidak terkontaminasi oleh bakteri ataupun jamur yang ada pada peralatan milik orang lain. hal tersebut juga berlaku untuk mencegah ketombe. Agar rambut tetap bersih, gunakan sisir milikmu sendiri. Namun, jangan lupa pula untuk menjaga kebersihan sisir dengan mencucinya secara rutin. Cara tersebut akan menghilangkan kotoran atau bahkan jamur penyebab ketombe yang mungkin menempel pada sisir.

5. Jangan Malas Menyisir Rambut

Rambut berketombe juga bisa disebabkan karena malas menyisir rambut. Menyisir rambut ternyata tidak hanya menjadikan rambut tampak rapi saja. Namun, juga melancarkan peredaran darah sekaligus meluruhkan kotoran yang menempel pada kulit kepala dan batang rambut. Agar kulit kepala tetap sehat, sisirlah selama tiga kali dalam sehari.

6. Bersihkan Rambut

Kebersihan rambut merupakan poin utama untuk mencegah ketombe. Maka dari itu, jangan malas untuk berkeramas secara rutin. Bagi yang tidak memiliki banyak waktu, bisa menyiasatinya dengan berkeramas sekali dalam seminggu. Namun, agar tetap bersih, gunakan sampo dengan formula yang ampuh dalam membersihkan kulit kepala dan rambut secara optimal. Misalnya saja dengan menggunakan sampo bercampur zat anti-bakteri dan anti-jamur. Bilas hingga bersih sehingga tidak ada sisa sampo yang menempel.

7. Aplikasikan Masker Rambut

Kekurangan nutrisi juga bisa menjadi penyebab ketombe. Untuk menyiasatinya, bisa dengan mengaplikasikan masker rambut secara rutin. Manfaatkan masker rambut alami seperi telur. Kocok telur, oleskan pada rambut secara merata sambil memijat lembut. Perawatan alami ini akan menutrisi sel kulit kepala dan rambut sehingga terhindar dari masalah ketombe.

8. Asupan Cairan

Sel kulit kepala yang kering juga menjadi penyebab terbanyak dari rambut berketombe. Perbanyak konsumsi cairan dalam tubuh, terutama air putih. Air putih berfungsi melembapkan sel tubuh, termasuk dengan sel kulit kepala. Kondisi tersebut tentu saja akan menghindarkan dari kulit kepala kering yang dapat menjadi penyebab ketombe.

9. Kurangi Penggunaan Hair Spray

Menjajal beragam tatanan rambut memang dapat membuat penampilan tampak lebih menarik. Namun, terlalu sering menggunakan hair spray juga memberikan dampak buruk pada kesehatan rambut dan kulit kepala. Residu dari bahan kimia di dalamnya dapat menyebabkan rambut berketombe dan rambut rontok. Maka dari itu, kurangi pemakain hair spray. Bisa juga mengakalinya dengan mengeramasi rambut sehabis mengaplikasikan hair spray.

10. Tenangkan Pikiran dan Tubuh

Siapa sangka jika stres juga menjadi penyebab ketombe? Namun, jangan khawatir. Untuk mengatasinya cukup dengan merelaksasi tubuh dan pikiran. Misalnya saja dengan melakukan hobi di akhir pekan. Bisa juga mengunjungi sejumlah destinasi wisata di sekitar tempat tinggal. Alternatif lainnya adalah menghabiskan waktu bersama orang tersayang.

Setelah mengetahui penyebab ketombe, akankah kamu mengubah kebiasaan yang telah lama dilakukan? Yuk mulai lebih bijak pada tubuh sendiri.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading