Sukses

Beauty

Cara Merawat Warna Rambut Agar Tahan Lama

Kamu termasuk yang suka mengikuti trend warna rambut terbaru? Jangan hanya sebatas mengaplikasikan cat rambut untuk mendapatkan tampilan terkini, tapi kuasai juga cara merawat rambut diwarnai, agar warna rambut bertahan lama. Selain itu, perawatan rambut diwarnai yang tepat dapat menjauhkan rambut dari kondisi rambut kering dan ujung rambut bercabang. Nah, ubah kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini untuk memiliki warna rambut indah yang diidamkan ya.

1. Hindari Cara Keramas yang Kurang Efektif

Musuh terburuk rambut yang diwarnai adalah air, seperti yang dilontarkan colorist profesional, Ruth Roche. Bahan kimia dalam pewarna rambut membuat rambut lebih rentan terhadap efek air. Tapi bukan berarti kamu harus berhenti mandi atau mencuci rambut. Cukup hindari pembilasan yang berlebihan aja kok. Setelah mengaplikasikan shampoo dan conditioner, jangan miringkan kepala ke belakang dan biarkan air hanya melalui bagian atas rambut selama beberapa menit.

2. Kurangi Kebiasaan Membilas dengan Air Panas

Air panas dapat mengangkat lapisan kutikula luar. Hal ini merupakan salah satu penyebab paling umum dari warna rambut yang memudar. Semakin tinggi suhu air yang digunakan, maka semakin cepat kembali ke warna rambut semula. Oleh karena itu, sesuaikan suhu air saat mencuci rambut, dengan menggunakan air suam-suam kuku atau dingin saat membilas.

3. Ingat Fungsi Kondisioner

Terkadang kondisioner tidak digunakan dengan alasan menghemat waktu. Padahal rambut yang diberi cat rambut cenderung lebih kering dan rapuh, sehingga memerlukan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut yang diwarnai. Ini membantu menciptakan pelindung, yang dapat mencegah warna rambut cepat memudar.

4. Pemakaian Kondisoner yang Tepat

Pastikan untuk mengoleskan kondisioner ke seluruh bagian rambut, hingga rambut-rambut halus. Terutama pada ujung rambut, bagian terpanjang dari rambut yang berisiko mengalami kerusakan paling besar. Kamu juga bisa memanfaatkan leave-in conditioner untuk menambahkan kelembapan pada rambutmu.

5. Cara Mengeringkan Rambut yang Benar

Mengeringkan rambut secara alami memang merupakan cara terbaik. Tapi menggosoknya terlalu keras dapat memudarkan warna rambut dan membuat ujung rambut terlihat kering. Sebaiknya, tekan-tekan handuk dengan perlahan dan biarkan rambut kering dengan sendirinya.

6. Penggunaan Blow Dryer yang Bijak

Rambut yang diberi pewarna rambut lebih rentan terhadap panas. Untuk menjaga warna rambut tetap terlihat cantik dan menawan, batasi penggunaan blow dryer dan alat-alat lainnya yang menggunakan panas, seperti curling atau flat iron.

7. Jangan Lupa Mengaplikasikan Serum Rambut

Mendapatkan gaya rambut yang diinginkan terkadang harus melibatkan alat-alat penata rambut, seperti blow dryer, flat iron, dan curling iron. Untuk menjaga warna rambut agar tetap tahan lama, bubuhkan serum rambut yang dapat melindungi perpindahan panas, dari alat-alat tersebut ke rambutmu.

8. Pentingnya Pengkilap Rambut

Baru saja mengaplikasikan cat rambut, namun rambut terlihat kusam dan tidak bersinar? Hal ini diakibatkan oleh terhalangnya kutikula yang dapat memantulkan cahaya dan menyebabkannya berkilau, oleh cat rambut. Untuk memperbaikinya, gunakan spray-on gloss sebagai cara perawatan rambut diwarnai. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan tampilan rambut sehat dan indah ya.

9. Ingat Jika Terlalu Lama Berada di Bawah Sinar Matahari

Jika kamu berencana menghabiskan banyak waktu di luar ruangan dan terekspos sinar matahari, lindungi rambut dengan menggunakan topi atau scarf. Hal ini akan menjaga warna rambut dari risiko memudar dan mengering. Kamu juga bisa memanfaatkan serum rambut yang sudah mengandung SPF, cukup aplikasikan beberapa menit sebelum kamu keluar rumah ya.

10. Touch-Up Warna Rambut

Rambut yang terus tumbuh akan menyebabkan munculnya warna rambut alami pada bagian pangkal rambut. Oleh karena itu, kamu wajib melakukan touch up sekitar 4-6 minggu setelah mengaplikasikan pewarna rambut. Cukup terapkan cat rambut pada akar saja, dan gunakan teknik emulsi untuk membuat warna rambut terlihat bersinar.

Cukup mudah kan menjaga warna rambut agar tidak memudar. Terapkan cara-cara ini untuk memiliki trend warna rambut terbaru yang kamu inginkan.

(vem/eth)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading