Sukses

Beauty

10 Cara Memanjangkan Rambut Bebas Repot

Model rambut panjang seperti Kim Kardashian sering menjadi idaman perempuan. Hitam dan tergerai lembut terawat sungguh menyenangkan bila dipegang. Bagi yang sedang berambut pendek dan ingin tahu cara memanjangkan rambut bebas repot, yuk simak lebih lanjut.

1. Menerapkan Diet Sehat

Menjaga kesehatan rambut dan tubuh juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan sehat. Meski telah menggunakan produk perawatan rambut, mengimbanginya dengan nutrisi alami juga akan membantu dalam memanjangkan rambut. Penganan dengan kandungan protein, vitamin dan mineral dipercaya dapat menguatkan dan membantu proses pertumbuhan rambut. Kandungan tersebut bisa didapatkan dari kacang-kacangan, ikan laut, sayuran hijau dan daging ayam.

Baca juga: Awas, Diet Rendah Lemak Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok

2. Memijat Kulit Kepala

Memijat kulit kepala tidak hanya membuatmu lebih relaks. Memijat kulit kepala menjadi salah satu cara cepat memanjangkan rambut. Pasalnya, gerakan memijat itu dapat menstimulasi produksi minyak alami yang menguatkan akar rambut sekaligus melembapkannya. Apalagi jika menggunakan minyak esensial yang mengandung nutrisi seperti minyak kelapa, pertumbuhan rambut akan menjadi lebih optimal.

3. Jaga Kebersihan Kulit Kepala

Salah satu cara memanjangkan rambut adalah dengan menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut. Atur jarak mencuci rambut dengan bijak. Saat rambut dan kulit kepala mulai terasa gatal karena keringat meski habis mencuci rambut, sebaiknya segera dilakukan. Mencuci rambut secara teratur dapat membantu menjaga kebersihan kulit kepala sekaligus membuatnya tetap sehat dan lembap.

4. Menyisir Rambut Secukupnya

Menyisir rambut tidak hanya membuat rambut terlihat rapi saja. Namun, juga dapat memanjangkan rambut secara alami. Cara kerjanya adalah dengan melancarkan peredaran darah dan menstimulasi minyak alami pada kulit kepala. Tidak heran, jika sebagian orang sering menyisir rambut demi menjaga kesehatannya. Padahal, hal tersebut justru dilarang karena dapat menyebabkan rambut rontok dan kulit kepala iritasi. Maka dari itu, mulai dari sekarang, sisirlah rambut secara lembut tidak lebih dari 10 menit per hari.  

5. Jauhkan Diri Dari Stres

Menjalani rutinitas padat setiap harinya ternyata dapat meningkatkan risiko stres. Kondisi tersebut justru akan membuatmu lebih rentan terkena masalah kesehatan. Salah satunya adalah proses pertumbuhan rambut. Bagi yang sedang menerapkan cara cepat memanjangkan rambut, cobalah meluangkan sedikit waktu untuk merelaksasi pikiran dan tubuh sejenak. Melakukan yoga atau meditasi setiap minggu pagi atau sekadar berjalan-jalan di taman bisa menjadi alternatif pilihannya.

Baca juga: Rambut Bisa Jadi Indikasi Stres Anda

6. Pilih Produk Perawatan Rambut yang Tepat

Nutrisi kulit kepala dan rambut dengan produk perawatan yang tepat dapat membantu akar rambut memproduksi batang rambut dengan sehat. Dimulai dari akar, cara memanjangkan rambut pun jadi lebih tepat pada sasaran.

7. Gunakan Aksesori Pelindung Rambut

Rambut kering dapat menjadi salah satu penghambat pertumbuhan rambut. Maka dari itu, selalu lindungi rambut secara optimal agar tetap bersih dan terawat. Alternatif yang bisa dicoba adalah menggunakan topi atau pun scarf. Langkah tersebut akan melindungi rambut dari sinar UV, debu dan kotoran yang dapat menghilangkan kelembapan rambut. Maka dari itu, bagi yang sedang menerapkan cara cepat memanjangkan rambut, selalu kenakan pelindung rambut saat berkegiatan di luar rumah.

8. Balurkan Conditioner Secara Rutin

Conditioner merupakan produk yang menutrisi rambut dengan protein. Membalurkan kondisioner setelah berkeramas juga dapat mengimbangi cara cepat memanjangkan rambut. Hal itu disebabkan rambut memperoleh nutrisi yang membantu proses pertumbuhan rambut. Kandungan bahan dalam conditioner juga menjadikan kutikula lebih sehat sehingga rambut dapat tumbuh secara maksimal.

Baca juga: Lebih Baik Pakai Kondisioner Bilas Atau Tanpa Bilas?

9. Menjaga Asupan Cairan

Cara cepat memanjangkan rambut adalah mencukupi asupan cairan tubuh. Salah satunya bisa disiasati dengan meminum minimal delapan gelas air putih per harinya. Bahan ini tidak hanya menjaga kelembapan sel tubuh, kulit dan rambut saja. Air putih juga mampu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh sehingga proses pertumbuhan rambut juga menjadi lebih optimal.

10. Bilas Menggunakan Air Dingin

Bagi yang terbiasa memakai air panas untuk mandi dan menghilangkan sisa sampo, sebaiknya mulai dikurangi. Kebiasaan tersebut dapat mempercepat kerusakan kutikula rambut dan menghambat proses pertumbuhan rambut. Maka dari itu, agar rambut cepat panjang, guyurkan air dingin seusai berkeramas.

Mudah kan mendapatkan rambut panjang jika mengetahui tipsnya? Praktikkan mulai sekarang, rambut hitam dan cantik Kim Kardashian tentu bukan hanya impian.

(vem/kki)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading