Sukses

Beauty

10 Penyebab Ketombe yang Wajib Diketahui

Siapa sih yang tidak menginginkan rambut bersih dan bebas dari kotoran? Terutama dengan serpihan putih yang bernama ketombe. Rambut berketombe ternyata dapat terjadi karena sejumlah hal. Maka dari itu, sebelum mencari cara untuk mengatasi ketombe, ketahui dahulu apa penyebab ketombe yang menempel pada rambutmu.

Berikut 10 penyebab ketombe yang wajib diketahui agar ketombe membandel tidak mengganggu lagi.

1. Kulit Kering

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstock

Penyebab ketombe yang paling banyak ditemui adalah kondisi keringnya kulit kepala. Ciri-ciri dari rambut berketombe yang diakibatkan oleh kurangnya kelembapan pada scalp adalah ketombe dengan serpihan kecil. Selain itu, serpihan ketombenya juga tidak berminyak.

Oleh karena itu, kamu memerlukan sampo dengan formula tepat yang dapat membersihkan kulit kepala dan tetap menjaga kelembapannya seperti HEAD & SHOULDERS Shampoo Lemon Fresh Anti Dandruff. Kandungan ekstrak sitrusnya pun membuat rambut terasa ringan, bersih, harum, dan lembut. Sehingga rambutmu dapat tergerai bebas dengan aroma bersih dan segar yang tahan lama.

 

2. Jarang Menyisir Rambut

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstock

Salah satu rutinitas sederhana yang nyatanya sangat berpengaruh pada kesehatan rambut adalah menyisir. Menyisir rambut secara berkala dapat mengatasi masalah rambut berketombe. Hal tersebut disebabka oleh gerakan menyisir yang justru mensitimulasi produksi minyak alami. Sehingga kulit kepala akan menjadi lebih lembap.

Baca juga: Manfaat Menyisir Bagi Kesehatan Rambut

3. Ragi

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstockRagi merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan untuk membuat roti. Namun, ragi yang berlebihan pada kulit kepala juga menyebabkan rambut berketombe. Tentu saja ragi satu ini berbeda dengan ragi yang biasa dicampurkan pada makanan. Menurut Luis Garza, MD, PhD yang juga menjadi asisten profesor pada John Hopkins School of Medicine, ragi tersebut merupakan bagian dari kulit kepala yang jika pertumbuhannya tidak terkontrol dapat menimbulkan ketombe.

4. Seborrheic Dermatitis

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstock

Gejala yang satu ini kerap terjadi pada pemilik kulit berminyak. Rambut berketombe pada penderita penyakit tersebut juga ditandai dengan beberapa hal. Misalnya saja kulit kepala yang tiba-tiba meruam. Selain itu, kulit kepala yang berminyak juga dipenuhi dengan ketombe berwarna putih atau pun kuning.

5. Malas Mencuci Rambut

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstock

Rutinitas yang padat bukanlah alasan untuk tidak mencuci rambut. Kebiasaan buruk tersebut ternyata juga bisa menjadi penyebab rambut berketombe. Hal tersebut dikarenakan adanya penumpukan dari minyak dan sel kulit mati. Sehingga jika dibiarkan justru akan menimbulkan ketombe parah.

Baca juga: Cara Keramas Untuk Rambut Yang Diberi Hairspray

6. Jenis Kulit Tertentu

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstock

Tidak semua jenis kulit terhindar dari rambut berketombe. Risikonya justru lebih besar pada orang yang memiliki eksim, psiorasis atau pun infeksi kulit yang parah. Hal tersebut disebabkan oleh banyak penumpukan sel kulit mati. Sehingga jika dibiarkan terus-menerus mampu menyebabkan ketombe membandel.

7. Produk Perawatan Rambut

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstock

Mengaplikasikan beragam jenis hair treatment memang dapat menjaga kesehatan rambut. Namun, perhatikan komposisi bahan di dalamnya. Pastikan jika perpaduan di dalamnya aman dan tidak menyebabkan ketombe. Selain itu, jangan terlalu sering berkeramasa atau pun mewarnai rambut. Hal tersebut juga berisiko menimbulkan ketombe parah.

8. Malassezia

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstock

Malassezia merupakan salah satu jenis jamur yang ditemui pada kulit kepala. Keberadaannya sebenarnya tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan rambut. Namun, jika kurang menjaga kebersihan rambut seperti jarang berkeramas, bisa-bisa jumlahnya membludak dan menyebabkan rambut berketombe. Tidak heran, karena kondisi tersebut justru menimbulkan iritasi dan memperbanyak sel kulit mati.

9. Diet

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstockMenjaga berat tubuh ideal memang penting. Namun, jangan sampai tubuh kekurangan asupan nutrisi. Terutama vitamin B yang memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut. Terbatasnya vitamin B yang diserap oleh tubuh juga dapat menyebabkan rambut berketombe. Tidak heran jika menu-menu dietmu yang kurang tepat tersebut justru menjadikan ketombe parah.

Baca juga: Diet Buah-Buahan Untuk Rambut Cantikmu

10. Berlebih Menyantap Makanan Manis

Macam-macam penyebab ketombe yang wajib diketahui (c)shutterstock

Salah satu penyebab ketombe adalah kelebihan zat gula dalam darah. Hal tersebut dapat meningkatkan kadar gula dalam darah yang akan memperparah rambut berketombe. Tidak hanya itu, gula ternyata menstimulasi pertumbuhan ragi Candida yang menjadikan kulit kepala dipenuhi oleh seprihan pipih berwarna putih. Gula juga merupakan senyawa yang menghambat kerja dari vitamin B.

Mengatasi ketombe secara ampuh baru bisa dilakukan jika sudah mengetahui penyebabnya. Sehingga beragam cara untuk menghilangkan ketombe baik dengan menggunakan sampo khusus ketombe atau pun obat ketombe alami bisa disesuikan dengan pemicunya. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mencari tahu lewat sejumlah penyebab ketombe di atas.

(vem/kky/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading