Sukses

Beauty

Gonta-Ganti Warna Rambut dan Dampaknya untuk Kesehatan

Tren warna rambut terus berganti. Dari highlight hingga warna rambut ombre dengan berbagai jenis teknik pun kini diminati. Meski begitu, sering gonta-ganti cat rambut ternyata memiliki dampak bagi kesehatan.

Tidak saja bagi kesehatan rambut, namun juga dapat berdampak pada bagian tubuh lainnya. Apa saja? Yuk, kita simak pengaruh gonta-ganti warna rambut secara permanen yang dapat menganggu kesehatanmu:

Cat Rambut dan Gangguan Hormonal

(c)shutterstock 

Cat rambut mengandung alkylphenol etoksilat (APE), zat yang juga ditemukan dalam pestisida. Jika masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit bisa menyebabkan gangguan hormonal.

Cat Rambut dan Warna Rambut dan Reaksi Alergi

(c)shutterstock
 
Saat kulit tak bisa menerima jenis warna cat rambut, efek buruknya bisa menimbulkan reaksi alergi. Selalu coba cat rambut yang diinginkan sebelum membelinya.

Cat Rambut dan Efek Pada Mata

(c)shutterstock
 
Beberapa kandungan bahan kimia yang ada pada cat rambut juga dapat menyebabkan iritasi dan kemerahan saat tak sengaja terkena mata. Pilihlah cat rambut yang aman.

Cat Rambut dan Efek Pada Kulit Kepala

(c)shutterstock
 
Bukan saja mata, bahan kimia yang terkandung pada cat rambut yang tak aman, dapat menyebabkan gatal-gatal, luka bahkan efek terbakar pada kulit kepala.

Baca Juga: 15 Model Rambut Pesta untuk Si Rambut Pendek ala Selebriti

Cat Rambut dan Kanker Kandung Kemih

(c)shutterstock
 
Rupanya penggunaan cat rambut dalam kurun waktu yang lama dan berkala, bisa berpotensi memicu terjadinya kanker kandung kemih.

Cat Rambut dan Kanker Payudara

(c)shutterstock
 
Secara umum zat kimia yang terkandung dalam cat rambut bersifat karsinogenik. Zat ini menjadi salah penyebab terjadinya kanker. Bahkan, ada studi yang mengaitkan karsinogen pada cat rambut dengan terjadinya kanker payudara.

Cat Rambut dan Kelainan Pada Janin

(c)shutterstock

Efek jangka panjang dari zat kimia yang terkandung dalam cat rambut setelah terserap ke dalam kulit, akan masuk ke aliran darah. Bagi ibu hamil, zat karsinogen ini berisiko menyebabkan gangguan kehamilan, seperti kelainan pada janin.

Cat Rambut dan Penyakit Limfoma Non-Hodgkin

(c)shutterstock

Limfoma Non-Hodgkin merupakan kanker yang menyerang sistem limfatik yang termasuk bagian dari sistem kekebalan tubuh. Kabar buruknya, penelitian dari Universitas Yale telah menemukan bila penggunaan cat rambut kimia secara berkala menjadi salah satu penyebabnya.

Baca Juga: Tips Praktis Rambut Sehat dan Berkilau Dalam 20 Menit

Cat Rambut dan Penyakit Hodgkin

(c)shutterstock

Ada juga penelitian yang menyebutkan bila penggunaan cat rambut kimia yang terlampau sering, dimungkinkan bisa memicu terjadinya salah satu jenis kanker getah bening, seperti Penyakit  Hodgkins.

Cat Rambut dan Multiple Myeloma

(c)shutterstock

Jenis lain kanker getah bening yang juga dapat terjadi akibat terlalu sering menggunakan cat rambut kimia adalah multiple myeloma.

Jika sudah tahu efek buruknya, mulai kurangi penggunaan cat rambut berbahan kimia tajam dalam jangka waktu lama. Gantilah model warna rambut dengan bahan yang lebih alami dan tentunya aman bagi kesehatan.

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading