Sukses

Beauty

10 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Sering mendapati helaian-helaian rambut yang mengotori lantai kamarmu? Hati-hati ya, Ladies. Bisa jadi itu tanda kerontokan rambut yang cukup parah. Jika dibiarkan, bisa mengalami kebotakan dini yang tentunya akan mempengaruhi penampilan dan tingkat kepercayaan diri.

Berikut adalah daftar bahan alami yang bisa dicoba untuk meringankan masalah rambut rontok:

Manfaat Bawang Merah

(c)shutterstock

Selain sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dimanfaatkan sebagai cara alami mengatasi rambut rontok. Kandungan senyawa quercetin di dalamnya efektif menutrisi kulit kepala dan melancarkan sirkulasi darah, sehingga mampu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan.

Gentiana Sebagai Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

(c)wikipedia

Tidak hanya cantik, Gentiana yang merupakan bunga dengan kelopak berwarna biru keunguan juga memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala. Selain itu, folikel rambut jadi kuat, sehingga rambut tidak mudah rontok.

Cara Mengatasi Rambut Rontok secara Alami dan Cepat dengan Ketumbar

(c)shutterstock

Selain membuat masakan terasa lebih sedap, ketumbar mengandung zat yang mematikan bakteri dan parasit rambut, penyebab rambut rontok. Gunakan minyak ketumbar di bagian rambut yang rontok.

Manfaat Cress untuk Mengatasi Rambut Rontok

(c)shutterstock

Cress yang merupakan sejenis tanaman hijau mengandung zat isothiocyanate yang efektif menyuburkan rambut dan mencegah rambut rontok. Cukup oleskan minyak biji cress atau ekstrak cress yang dikeringkan ke kulit kepala, sebagai cara mengatasi rambut rontok berlebihan.     

Kuatkan Akar Rambut dengan Malva

(c)wikipedia
 
Merupakan sejenis bunga, malva dimanfaatkan dengan mengambil mucilage atau lendir yang menetes dari daunnya. Cukup oleskan secara langsung di kulit kepala untuk menguatkan akar rambut dan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah.

Manfaat Hebat Lidah Buaya

(c)shutterstock
 
Tidak diragukan lagi bahwa lidah buaya memiliki manfaat yang luar biasa bagi kecantikan. Salah satunya adalah untuk menguatkan akar rambut. Cukup ambil getahnya lalu oleskan ke kulit kepala, bahan aktif alaminya dapat dimanfaatkan sebagai cara alami mengatasi rambut rontok.

Cegah Rambut Rontok dengan Tea Tree Oil

(c)shutterstock

Tidak hanya meningkatkan kesehatan rambut, tea tree oil juga mampu kurangi rambut rontok. Cara mengatasi rambut rontok secara alami menggunakan minyak ini cukup mudah, camourkan saja dengan telur, yogurt, dan madu. Terapkan masker ini dan diamkan sekitar setengah jam, sebelum membilasnya hingga bersih.

Atasi Rambut Rontok dengan Bawang Putih

(c)shutterstock

Bawang putih efektif sebagai cara mengatasi penyebab rambut rontok. Cukup haluskan lalu oleskan pada rambut sebelum tidur. Keesokan harinya, bilas dengan air dan cuci hingga bersih. Tidak hanya membuat rambutmu makin indah, bawang putih juga punya khasiat ajaib bagi kesehatan.

Manfaat Ajaib Teh Hijau

(c)shutterstock

Selain dikenal sebagai penurun berat badan secara alami, teh hijau juga dapat dimanfaatkan sebagai cara mengatasi rambut rontok parah. Senyawa dalam teh hijau dapat menghambat hormon DHT, penyebab rambut rontok. Hal ini juga membantu masalah rambut lainnya, seperti mengatasi ketombe.

Bikin Masker Rambut Berbahan Yogurt

(c)shutterstock
 
Rambut yang kering dan tidak ternutrisi dengan baik bisa rusak dan rontok. Salah satu cara mengatasi rambut rontok secara berlebihan adalah dengan memanfaatkan masker rambut yang terbuat dari campuran yogurt dan buah pepaya.

Baca juga: Manfaat Yogurt untuk Kecantikanmu

Jangan biarkan rambut rontok menghilangkan kepercayaan diri. Atasi segera dengan bahan-bahan alami ini ya.
 
 

(vem/boo)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading