Sukses

Beauty

Ketombe Membandel & Bikin Sebal? Atasi Pakai Bawang Yuk!

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang kita pasti tahu lah ya, sering kali membuat kita merasa sebal, kurang percaya diri dan tidak nyaman. Belum lagi, jika ketombe tersebut juga menyebabkan timbulnya masalah rambut lain seperti rambut rontok, rambut lepek, mudah kotor dan bercabang. Mmm, tak hanya bikin sebal, ini juga bisa bikin kita makin uring-uringan.

Sebenarnya nih ya, untuk mengatasi masalah rambut berketombe bisa dilakukan dengan berbagai cara. Caranya mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, memakai obat ketombe atau memanfaatkan bahan alami di rumah untuk perawatan. Mengenai bahan alami yang bisa digunakan salah satunya adalah bawang putih.

Masalah ketombe bisa diatasi dengan memanfaatkan bawang putih |  Photo: Copyright Unpopulart/Chyntia Andarinie

Dikutip dari laman boldsky.com, nutrisi yang terkandung di dalam bawang putih bisa membunuh bakteri juga kuman penyebab ketombe. Nutrisi tersebut bahkan bisa memperkuat akar rambut, mengangkat sel kulit mati dan melembutkan rambut. Lantas, bagaimana cara untuk memanfaatkan bawang putih sebagai obat ketombe? Berikut caranya.

Bahan

  • 5-7 siung bawang putih (kupas, haluskan)
  • 2 - 3 sdm madu

Cara Membuat dan Aplikasi

Campur bawang yang sudah dihaluskan dengan madu. Aduk rata hingga membentuk pasta. Jika sudah, basahi rambut dengan air lalu oleskan masker bawang putih madu ke kulit kepala yang berketombe. Oleskan secara merata lalu diamkan kira-kira selama 20 menit. Jika sudah, bilas rambut dengan air bersih dan pastikan tidak ada bawang yang tertinggal di rambut dan kulit kepala. Keramas menggunakan sampo seperti biasa. Keringkan rambut seperti biasa.

Dengan melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu selama kurang lebih 2 sampai 3 bulan, ketombe pun bisa diatasi dengan baik. Ketombe tak hanya hilang tetapi juga tak akan balik lagi. Selain itu, kulit kepala akan lebih sehat, akar rambut lebih kuat dan rambut lebih lembut. Gimana, cara mengatasi ketombe yang sangat mudah dan murah bukan? Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading