Sukses

Lifestyle

Tak Cuma Satukan Aku & Kamu, Menikah Juga Satukan Keluarga Kita

Ketika para sahabat telah membangun sebuah keluarga bersama pilihan hatinya dan kita pun telah masuk usia untuk menikah, dari hati yang paling dalam, tentunya kita pun juga ingin segera menikah dan merasakan bagaimana membangun keluarga seperti sahabat lainnya. Hanya saja, apakah menikah bisa dilakukan hanya karena telah masuk waktunya? Apakah menikah hanya dilakukan karena telah sampai umurnya? Juga, apakah menikah bisa dilakukan hanya karena banyak orang di sekitar yang sering kali melontarkan pernyataan seputar "kapan nikah? kapan nyusul? kapan nih giliran kamu? nunggu apa lagi?"

Tak hanya soal sah dan menyatukan antara kamu dan pasangan, menikah juga merupakan salah satu proses menyatukan keluarga kamu dan keluarga pasangan. Harapannya, menikah juga tak hanya dilakukan hanya karena memburu suatu ikatan yang sah antara pria dan wanita yang hendak membangun keluarga juga kehidupan rumah tangga. Memang, kelihatannya menikah adalah suatu hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Tapi, sudahkah kamu memikirkan kembali bagaimana kelanjutan pernikahan tersebut dan juga hubungan kedua keluarga nantinya.

Restu Keluarga Adalah Kunci Bahagia Pernikahan Kamu dan Pasangan
Ketika hendak menikah, pastikan untuk meminta restu dari keluarga. Baik restu dari keluarga kamu dan keluarga pasangan. Pertemukan dan perkenalkan keluarga masing-masing agar mereka saling mengenal satu sama lain. Saat kedua keluarga saling mengenal dan saling memberi restu, hal ini dipastikan akan membuat pernikahan yang kamu dan pasangan rencanakan serta laksanakan berjalan menyenangkan.

Restu keluarga juga akan membuat hubungan pernikahan dan proses membangun rumah tangga akan lebih berkesan serta tertata. Keluarga yang telah memberi restu kepada anaknya untuk menikah, dipastikan bahwa mereka akan menerima orang baru yang masuk di keluarganya dengan cara yang baik, hormat dan penuh kasih sayang. Restu yang baik juga akan menjamin hubungan pernikahan dua anak manusia menjadi lebih berkah. Hal ini mengingat bahwa restu Tuhan dan restu semesta tergantung pada restu keluarga khususnya orang tua. Ketika keluarga belum memberikan restu pada hubungan kamu dan pasangan, yakinkan kembali keluarga dan mintalah saran terbaik buat hubungan kalian.

Tak hanya menyatukan aku dan kamu, menikah juga menyatukan keluarga kita | Photo: Copyright Thinkstockphotos.com

Setelah Menikah, Jaga Selalu Hubungan Baik Dengan Masing-Masing Keluarga
Penting bagi pasangan yang telah menikah untuk senantiasa menjaga hubungan baik dengan kedua keluarga. Baik dari keluarga suami atau keluarga istri. Jangan sampai, setelah menikah, pasangan hanya condong pada salah satu keluarga saja. Apapun dan bagaimanapun kondisi keluarga masing-masing, wajib dan penting untuk menerimanya dengan ikhlas serta lapang dada. Penting juga untuk tidak membeda-bedakan keduanya karena setelah menikah, kedua keluarga tersebut keduanya adalah keluarga kamu dan pasangan.

Sangat penting juga bagi keluarga untuk tidak terlalu ikut campur dalam setiap masing-masing masalah pada salah satu keluarga. Penting pula bahwa kedua keluarga tidak ikut campur dalam urusan rumah tangga yang sedang kamu bangun bersama pasangan. Memang, kedua keluarga adalah orang-orang yang penting dan bisa memberikan nasehat terbaik buat kamu serta pasangan. Hanya saja, ingat lagi bahwa kamu dan pasangan saat ini telah membangun keluarga sendiri. Sadar atau tidak, banyak pasangan yang akhirnya berakhir pada perpisahan karena keluarga masing-masing terlalu ikut campur mengenai hubungan yang dibangun anak-anaknya.

Berikan Kasih Sayang dan Rasa Hormat Sama Besar Pada Kedua Keluarga
Pastikan bahwa kamu dan pasangan sama-sama memberikan kasih sayang serta rasa hormat yang sama besar kepada kedua keluarga. Kamu wajib memberi kasih sayang dan rasa hormat pada keluarga suami sama seperti kamu memberi kasih sayang dan rasa hormat pada keluargamu sendiri. Begitupun dengan sang suami, ia juga sangat perlu memberikan kasih sayang dan rasa hormat sama besar kepada keluarga kamu seperti ia memberikannya pada keluarganya.

Selama kamu dan pasangan memberikan kasih sayang juga rasa hormat sama besar kepada kedua keluarga, hal ini tak hanya membuat hubungan kamu dan pasangan akan semakin akrab lagi mengesankan. Ini juga bisa membuat hubungan keluarga kamu dan pasangan bisa semakin akrab. Tak hanya kamu dan pasangan yang akan bersatu serta mencapai kebahagiaan bersama, keluarga kamu dan keluarga pasangan pun akan saling mendukung satu sama lain demi terwujudnya hubungan bahagia untuk keduanya dan untuk kamu serta pasangan.

Ketika kamu ingin memberikan sesuatu yang berharga pada keluarga kamu, mintalah izin pada pasangan terlebih dahulu dan mintalah persetujuan darinya. Pasangan pun wajib minta izin dan meminta persetujuan darimu ketika ia ingin memberikan sesuatu pada anggota keluarganya. Menikah adalah suatu hal yang tak hanya menyatukan kamu dan pasangan, ini juga proses menyatukan dua keluarga yang sebelumnya tak saling mengenal dan tak saling memahami satu sama lain. Kalau pun ada yang kurang berkenan di hati keluarga kamu mengenai keluarga pasangan, berikan penjelasan agar keluarga kamu mau menerimanya dan begitupun sebaliknya.

Sekuat apapun cinta kamu dan pasangan, cinta yang kuat dari kedua keluarga juga sangat mendukung dan menjamin kebahagiaan hubungan kalian. Ikatan pernikahan bukanlah suatu hubungan antara kamu dan pasangan tetapi juga hubungan keluarga kamu dan keluarga pasangan. Semoga, kita semua senantiasa diberikan keluarga yang menyayangi kita dengan baik. Semoga pula, dalam membangun hubungan pernikahan, tak hanya atas dasar cinta kita dan pasangan tetapi juga dasar cinta dan restu dari kedua keluarga.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading