Sukses

Lifestyle

Cara Tepat Atasi Masalah Saat Merencanakan Pernikahan

Walaupun tanggal pernikahan terasa masih sangat jauh, masalah mungkin saja muncul sejak dini. Wajar jika beberapa hambatan yang ada, akan membuat Anda sebagai calon pengantin merasa panik. Atasi beberapa persoalan yang mungkin timbul agar tidak menghambat jalannya persiapan pernikahan. 

    Jumlah Tamu Terbatas

    Bahkan jika Anda ingin mengundang setiap orang ke pernikahan Anda, belum tentu anggaran yang Anda siapkan atau kapasitas venue pernikahan bisa mengakomodir keinginan Anda. Membuat daftar tamu undangan pernikahan tidaklah mudah. Buatlah skala prioritas agar lebih mudah untuk memutuskan. Lagipula, tren intimate wedding yang semakin populer akan membuat orang lain lebih mengerti keinginan Anda.

    Masalah Anggaran

    Tentu saja Anda harus disiplin dengan anggaran yang dibuat, kecuali Anda memiliki budget yang tidak terbatas. Karenanya, wedding planner memiliki andil yang cukup besar dalam hal ini. Beberapa calon pengantin tahu jelas apa yang diinginkan pada pestanya. Jika tidak, maka wedding planner bertugas mengingatkan pilihan pertama yang harus Anda buat. Selain itu, calon pengantin juga bisa mendapatkan referensi dan harga yang lebih baik dari vendor yang sudah bekerja sama dengan wedding planner pilihan Anda.

    Membatalkan Vendor

    Beberapa persiapan ada yang tidak berjalan sesuai dengan rencana. Di tengah jalan Anda mungkin menemukan bahwa vendor yang Anda pilih tidak dapat mewujudkan keinginan Anda. Karenanya, tidak masalah jika Anda ingin mencari vendor lain. Namun, tentu saja Anda harus membaca perjanjian yang sudah ditandatangani sebelumnya. Biasanya akan ada ketentuan tertentu seperti uang tanda jadi yang hangus atau atau denda yang harus diselesaikan. Jika Anda tidak keberatan, maka prosesnya dapat dilanjutkan.

    Mengganti Tanggal dan Venue

    Hal ini biasanya jarang terjadi, namun jika karena satu dan lain hal maka ada beberapa langkah penting yang harus Anda lakukan. Bersiaplah untuk membayar lebih jika Anda telah memberikan uang muka atau bahkan pembayaran penuh pada vendor ketika Anda akan mengganti tanggal dan venue. Tak hanya itu, Anda juga harus menghubungi semua vendor secepatnya begitu keputusan untuk mengubah tanggal sudah bulat. Segera informasikan ke semua pihak yang terlibat. Anda juga perlu menghubungi tamu yang sudah diundang terkait perubahan tanggal, akan lebih baik jika Anda menghubungi sendiri satu persatu agar lebih sopan dan personal.

Apapun masalah yang terjadi, hadapi dengan tenang. Semoga rencana pernikahan Anda berjalan dengan baik.

(vem/bridestory/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading