Sukses

Lifestyle

Sebelum Memutuskan Berinvestasi Jangan Lupakan 3 Hal Ini

Memiliki cita-cita sukses dan kaya tentu menjadi impian setiap orang. Siapa sih yang tidak ingin menikmati masa pensiun dengan bersenang-senang, tanpa perlu galau memikirkan masa depan keuangan. Menikmati hari tua, dengan bersenang-senang melakukan hal yang kamu inginkan tanpa bingung memikirkan tagihan. Nah, untuk mendapatkan kesuksesan keuangan di masa depan yang perlu kamu lakukan adalah mulai belajar untuk berinvestasi.

Investasi sangat penting, karena menabung saja tidak cukup. Berinvestasi akan membantumu untuk menghadapi inflasi di masa yang akan datang. Nah, sebelum kamu menginvestasikan uang yang kamu miliki lebih baik perhatikan 3 hal berikut ini. 

    Pastikan Kamu Bebas Utang

    Sebelum kamu memutuskan untuk berinvestasi, pastikan dulu kamu tidak memiliki hutang. Jika kamu saat ini masih memiliki tanggungan lebih baik fokus untuk membayar tanggunganmu. Belum mampu melunasi hutang-hutangmu berarti kamu belum sanggup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kamu. Bagaimana kamu mampu memikirkan investasi jika memenuhi kebutuhan pokok saja tidak sanggup.

    Memiliki Dana Darurat

    Kamu boleh memikirkan untuk investasi setelah memilki dana darurat minimal selama 6 bulan. Mengapa hal ini penting? Karena uang yang telah kamu investasikan tidak dapat kembali dengan cepat. Investasi tujuannya adalah jangka panjang, maka untuk mengantisipasi adanya hal yang tidak kamu inginkan, penting untuk memilki dana cadangan selama 6 bulan ke depan.

    Miliki Dana Pensiun

    Meskipun perusahaan menjamin dana pensiun, bukan berarti kamu tidak perlu memikirkannya. Mulai sekarang pikirkan untuk memiliki dana pensiun. Jika kamu akan pensiun 20 tahun ke depan, pastikan kamu memiliki tabungan 20 kali gaji kamu saat ini dan jangan lupa untuk mengalikan 10 untuk nilai inflasi 20 tahun ke depan. Memiliki dana pensiun akan membuat kamu lebih tenang menghadapi masa pensiunmu.

Merencanakan keuangan sejak dini sangat penting. Hidup tanpa rencana tidak akan berjalan dengan menyenangkan. Jadi bagaimana sudahkah kamu siap untuk berinvestasi hari ini? Semoga bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading