Sukses

Lifestyle

4 Hal yang Sering Terlupa Saat Merencanakan Budget Pernikahan

Masalah keuangan bukanlah hal yang menarik untuk terus menerus dibicarakan dalam persiapan pernikahan. Padahal merencanakan biaya yang akan dihabiskan untuk pesta pernikahan dan disiplin pada pengeluaran adalah hal krusial yang harus dilakukan. Bahkan hingga hal yang detail sekalipun perlu dicatat. Untuk menghindari biaya yang membengkak, jangan lupakan empat hal penting berikut ini.

    Pajak

    Elemen ini tergantung dari negara mana Anda berada. Biasanya pajak diterapkan pada setiap pembelian dengan cara yang berbeda-beda. Jangan lupa tanyakan pada vendor mengenai jumlah pajak yang disertakan, apakah harga paket yang ditawarkan sudah termasuk pajak atau belum.

    Tip

    Tip adalah biaya tambahan yang diberikan sesuai dengan preferensi Anda. Namun, dengan banyaknya pelayan yang terlibat dalam pesta dan pegawai tambahan lain yang mungkin bersedia mengerjakan tugas ekstra, Anda perlu mencatat anggaran tip tersebut ke dalam daftar pengeluaran. Berikan batasan pengeluaran yang jelas, sehingga Anda dapat menyesuaikan jumlah uang yang harus dikeluarkan.

    Pengantaran dan Pengiriman lewat Pos

    Biaya pengiriman undangan pernikahan melalui pos biasanya memang tidak terlalu mahal. Namun, Anda harus memastikan untuk menghitung keseluruhan jumlah undangan yang harus dikirimkan. Selain itu, jika Anda memesan suvenir pernikahan atau detail pernikahan lainnya melalui jasa pengiriman, jangan lupa untuk memperhitungkan biaya kirimnya juga. Apalagi, jika Anda mengadakan pernikahan di luar kota sementara suvenir dan beberapa keperluan lainnya harus dikirimkan ke kota tersebut.

    Waktu Pembayaran

    Catat tanggal jatuh tempo untuk memberikan tanda jadi serta pelunasan vendor. Pastikan Anda telah menyiapkan jumlah yang harus dibayarkan ketika waktunya pembayar sudah tiba. Atur jadwal pembayaran dengan termin waktu secara bertahap sehingga Anda tak perlu membayar semua biaya di waktu yang bersamaan agar terasa lebih ringan.

Tentukan biaya pernikahan dengan sebaik mungkin, agar tahu berapa banyak uang yang harus kamu siapkan. Semoga bermanfaat.

(vem/bridestory/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading