Sukses

Parenting

Menyeka Perihnya Luka Saat Sebutan Janda Dijadikan Canda

Ada begitu banyak hal yang menjadikan seorang wanita menyandang status janda?

JANDA bisa saja adalah ANDA dengan J yang kemudian muncul di depannya. J yang bisa berarti JATUHnya talak atau gugatan dari pasangan yang datangnya direncanakan ataupun tiba - tiba, atau J yang juga bisa berarti JATUH temponya masa hidup pasangan anda di dunia, dan harus meninggalkan kita selama - lamanya.

JANDA bisa saja 'J-and-A', JAWABAN dan AKHIR dari berbagai alibi dan alasan - alasan kenapa pasangan semakin jarang pulang ke rumah, lalu pergi begitu saja. JAWABAN dan AKHIR dari perjuangan untuk tetap hidup pasangan Anda yang sakit - sakitan dan telah sekian lama berusaha kesana - kemari mencari jalan pengobatan.

JANDA adalah ANDA yang nantinya akan menghadapi J didepan ANDA. J, yang bisa berarti JULUKAN miring dan sasaran cemoohan tetangga dan rekan kerja. J, yang bisa juga berarti JERITAN anak - anak yang menangis saat mengingat kembali salah satu orang tuanya meninggal dunia dan tinggal menyisakan satu orang tua saja. J, yang berarti JAM - JAM yang terasa tak pernah mencukupi dan terlalu cepat berjalan dengan semua tugas serta tanggung jawab keseharian untuk rumah tangga dan anak - anak.

JANDA dan ANDA hanyalah berbeda sedikit, sangat lah dekat malahan, tak akan terduga kapan waktunya J 'tersemat' pada kita. Jadi mengapa seringkali anggapan miring dialamatkan pada seorang janda?  Bisa jadi di belakang janda yang dilecehkan, ada anak - anak yang menunggu sendirian di rumah tanpa dewasa menunggui mereka. Bisa jadi di dalam diri seorang janda ada 'orang terdzolimi' yang hamil 7 bulan saat ditinggal pergi pasangannya entah kemana atau karena musibah apa. Dan di dalam diri janda ada hak yang sama sebagai manusia untuk memperoleh kehidupan yang sejahtera, untuk dirinya dan anak - anaknya.

Saat ini,

ANDA mungkin hanya ANDA, atau ... ANDA mungkin masih berbagi peran GANDA dengan pasangan.

Namun oleh suatu sebab yang tak terduga membuat J muncul di depan ANDA. Saat itulah kita semua akan paham, bahwa menjadi JANDA adalah hal yang wajar dan biasa dalam hidup ini.  Sedangkan yang luar biasa adalah perlakuan orang - orang di sekitar ANDA yang selama ini melihat JANDA sebagai sebuah obyek TJANDA TAWA.

"You never really understand a person until you consider things from his point of view,until you climb into his skin and walk around in it." Harper Lee, dari buku To Kill A Mockingbird

Dituliskan oleh Yasin bin Malenggang untuk rubrik #Spinmotion di Vemale Dotcom. Lebih dekat dengan Spinmotion (Single Parents Indonesia in Motion) di http://spinmotion.org/

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading