Sukses

Beauty

Tips Pola Makan Seimbang bagi Calon Pengantin di Bulan Ramadan

Banyak yang berpikir bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk menjaga pola makan seimbang dan menjalankan diet. Namun, banyak yang terjebak dengan berat badan yang malah naik di bulan ini. Jika berat badan malah semakin bertambah, tentu akan menjadi hambatan bagi calon pengantin yang telah mematok berat ideal untuk tampil sempurna di hari pernikahan. Berikut ini beberapa tips pola makan yang seimbang untuk mewujudkan penampilan yang ideal.

    Sahur Lebih Awal

    Sebaiknya bangun untuk sahur lebih awal, agar Anda dapat menyantap buah-buahan yang nutrisinya sangat dibutuhkan oleh tubuh terlebih dahulu. 30 menit setelah menyantap buah, baru Anda dapat menyantap menu utamanya.

    Menu Sahur

    Untuk menu sahur, hindari karbohidrat seperti nasi yang mengandung banyak gula, apalagi waktu sahur tubuh Anda baru saja menyelesaikan siklus ‘serap’ yang artinya akan mengejutkan jika langsung makan makanan berat. Perbanyak konsumsi sayuran, dan kurangi juga protein hewani.

    Air Mineral

    Untuk mencegah dehidrasi di siang hari, Anda harus minum air putih dalam jumlah ekstra saat sahur. Gantikan juga cairan tubuh yang hilang dengan minum air yang cukup banyak saat berbuka. Bagi Anda yang terbiasa meminum kopi yang mengandung kafein, hindari selama bulan puasa. Kandungan kafein bersifat dieuretik yang dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan tubuh lebih cepat melalui urine.

    Batasi pilihan

    Hindari makanan yang bersifat instan dan menu yang dimasak dengan proses penggorengan. Akan lebih baik jika Anda mengolah makanan dengan cara direbus atau dikukus.

    Buka dengan Bertahap

    Saat memasuki waktunya berbuka, jangan langsung menyantap menu utama. Konsumsi air putih terlebih dahulu. Minum perlahan seteguk demi seteguk dan beri jeda waktu sekitar 15 hingga 20 menit sebelum makanan berikutnya. Kebiasaan berbuka puasa dengan mengonsumsi gula, memang baik untuk memulihkan tenaga. Namun, hindari mengonsumsi gula secara berlebihan. Anda bisa berbuka dengan satu buah kurma terlebih dahulu untuk mengembalikan energi. Setelahnya, baru Anda bisa mengonsumsi makanan utama tentunya dengan porsi yang seimbang.

Persiapan pernikahan lancar dan puasa Anda pun berjalan tanpa hambatan. Selamat mencoba, dan semoga persiapannya lancar hingga hari H.

(vem/bridestory/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading