Sukses

Lifestyle

Ternyata, Wajah & Kesamaan Bukan Penilaian Utama Memilih Pasangan

Banyak orang jatuh hati pada penampilan seseorang, cantik dan tampan jadi daya tarik pertama yang membuat orang banyak disukai. Orang juga disukai karena punya kesamaan, entah itu hobi yang sama atau yang lainnya. Tapi nyatanya, saat memilih pasangan hidup, bukan penampilan dan kesamaan yang dicari seseorang. Lalu apa?

Sebuah artikel yang membahas tentang website kencan OkCupid menunjukkan bahwa wajah rupawan maupun kesamaan ternyata tidak punya efek kuat terhadap sebuah hubungan cinta seseorang. Aplikasi “Love is Blind Day” yang diluncurkan OkCupid pada Januari 15 tahun 2013 mencoba mengatur kencan buta untuk para pengguna, di mana satu-satunya informasi yang mereka tahu tentang pasangan kencan buta mereka adalah nama saja.

Mereka tak tahu detail lain tentang pasangan kencan buta yang akan ditemui, sehingga tak punya gambaran jelas seperti apa orangnya. Hasilnya, Rata-rata ada 10 ribu pengguna aplikasi ini dan masing-masing dari mereka telah mengisi kuisioner mengenai kencan buta yang mereka lakukan. Christian Rudder, co-founder sekaligus penulis penelitian ini mengatakan bahwa rata-rata orang menyukai kencan buta mereka, tak peduli bagaimana penampilan teman kencan mereka.

Jadi ketertarikan fisik seseorang tidak menjadi ukuran seberapa nyaman seseorang berinteraksi dengan orang lain. Yang mengejutkan, jika dari awal diperlihatkan foto profilnya, kebanyakan orang akan memilih teman kencan yang terlihat menarik secara fisik. Ini mungkin jadi pertanda bahwa ‘apa yang kita pikir kita sukai’ sebenarnya berbeda dengan ‘apa yang benar-benar disukai hati’.

Di lain pihak, banyak orang akan mengatakan bahwa menyukai hal yang sama bisa jadi salah satu kunci suksesnya hubungan, seperti misalnya sama-sama punya hobi mendengar musik dangdut atau sama-sama suka traveling. Namun ternyata, menyukai hal yang sama tak jadi jaminan berhasilnya sebuah hubungan cinta.

Kesimpulannya, ada banyak hal menarik dari kepribadian seseorang dan dari sinilah hubungan cinta terbentuk. Tak semua yang menarik dilihat mata bisa cocok dengan apa yang diinginkan hati. Jadi jangan heran jika melihat pasangan “jelek dan cantik” atau “jelek dan ganteng”, karena kamu tak melihat kecantikan atau kegantengan seseorang dari wajahnya saja.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading