Sukses

Beauty

Satu Cara Efektif Menghadapi Rasa Bosan, Berdamailah Dengannya!

Menjalani rutinitas yang sama setiap hari. Melakukan serangkaian pekerjaan setiap saatnya. Mengulangi hal-hal yang serupa hampir setiap harinya. Semua itu kadang menimbulkan rasa bosan yang sungguh menyiksa.

Rutinitas yang membosankan dan itu-itu saja memang bisa membuat kita merasa stres dan tertekan. Bahkan rasa bosan itu pun bisa membuat pikiran kita terasa tumpul. Motivasi bekerja pun hilang. Tapi ada cara yang bisa kamu lakukan untuk berdamai dengan rasa bosan itu.

Sebelum masuk ke tips untuk berdamai dengan rasa bosan itu, yuk kita simak cerita sejumlah fakta menarik ini.

  • Paul Erdos, seorang ahli matematika terkenal ini telah mempublikasikan 1.500 jurnal penelitian sebelum dikenal sebagai sosok yang paling berpengaruh.
  • Para komponis menghabiskan waktu 10 tahun bekerja keras sebelum akhirnya karyanya mulai terkenal dan diapresiasi.
  • Milo dari Kroton, seorang pegulat terkenal dulunya latihan mengangkat seekor anak sapi setiap harinya sampai bisa menjadi kuat seperti sekarang.


Apa inti dari pemaparan fakta itu? Intinya adalah bahwa untuk bisa mencapai sebuah titik kesuksesan, kita memang harus tahan banting dengan rutinitas dan rasa bosan yang melanda ketika melakukan sesuatu secara konsisten. Well, memang sih nggak gampang untuk berdamai dengan rasa bosan itu. Tapi dilansir dari lifehack.org, ada dua trik yang bisa kamu coba dengan mudah untuk berdamai dengan rasa bosan tersebut.

Pantau Perkembanganmu Setiap Harinya
Menjalani rutinitas dan pekerjaan yang sama dan itu-itu saja tampaknya tak memberi dampak apa-apa. Tapi coba kita siasati dengan membuat target atau memantau perkembangan kita sendiri setiap harinya. Kuasai hal-hal mendasar yang paling penting untuk mengerjakan pekerjaanmu setiap harinya. Lalu rayakan setiap pencapaian yang berhasil kamu lakukan.

Misal nih, kalau dulu kamu butuh waktu satu jam untuk menyelesaikan satu hal dan kini butuh waktu 50 menit untuk meyelesaikannya, catat itu sebagai pencapaianmu tersendiri. Bisa juga kamu menyiasatinya dengan belajar hal-hal baru untuk memberi variasi dalam rutinitas harianmu biar tak terlalu terasa membosankan.

Bayangkan Hasil Akhirnya
Kadang yang membuat sesuatu terasa membosankan adalah karena kita terlalu memusatkan perhatian kita pada apa yang sedang kita lakukan. Kita merasa hal yang sedang kita lakukan ini sangat berat dan membosankan, sehingga bisa bikin kita stres sendiri. Tapi ada solusi yang bisa kamu coba.

Your only goal is to “not break the chain.” By shifting your focus away from the activity you dislike, you’re giving yourself an opportunity to fall in love with the boredom of sticking to the streak (something you do enjoy).
- James Clear, lifehack.org


Daripada ngomel-ngomel terus dengan apa yang sedang kamu kerjakan, fokuskan perhatianmu pada hasil yang mau kamu capai. Bayangkan hasil akhir yang akan kamu dapatkan nantinya. Cara ini akan membantu meningkatkan motivasimu dan membuatmu bisa tetap bertahan menjalani prosesnya.

Berdamai dengan rasa bosan bisa melatihmu untuk dapat lebih bersabar. Selain itu, kamu juga digembleng untuk tetap konsisten dan punya daya tahan tinggi. Semua proses itu nantinya akan membawamu bisa menaiki undakan tangga dan menggapai kesuksesan yang sudah kamu harapkan.
(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading