Sukses

Lifestyle

Make Up, Bagian Dari Budaya dan Tradisi di Berbagai Negara

Make up memang menjadi salah satu hal yang bisa membuat siapa saja terlihat semakin menarik, semakin mengesankan dan semakin mengagumkan. Tak hanya agar terlihat cantik, make up sebenarnya juga sering digunakan di berbagai dunia di sebagai bagian acara festival atau acara perayaan tradisi sebuah daerah.

Berbicara mengenai make up di acara tradisi terutama tradisi di seluruh dunia, dikutip dari laman metro.co.uk, seorang fotografer bernama Eric Lafforgue telah menjelajahi dunia selama 10 tahun terakhir untuk mencari tahu penggunaan make up sebagai bagian dari budaya dan peradaban masyarakat tradisional. Misalnya seperti ini.

Seorang wanita dari suku Melpa saat upacara Sing Sing di Dataran Tinggi Barat Papua New Guinea, foto diambil tahun 2004 | Photo: Copyright metro.co.uk

Dan selama 10 tahun perjalanan Eric di seluruh dunia, tak lupa ia mengambil beberapa potret orang-orang yang memakai make up sebagai bagian dari tradisi mereka. Eric juga telah menangkap beberapa moment yang mengagumkan dimana moment itu tak pernah ia temukan di tempat asalnya yakni Amerika Serikat. Eric menemukan bahwa di berbagai negara berbeda make up rupanya memiliki fungsi yang berbeda.

Tak hanya sebagai alat untuk mempercantik dan membuat fisik semakin menarik, di beberapa tempat make up juga digunakan sebagai bagian dalam acara ritual keagamaan, acara festival hingga sebagai pembeda satu masyarakat dengan masyarakat lain dalam sistem kelas sosial. Make up juga sering kali dipakai sebagai salah satu ciri khusus sebuah suku dan budaya.

Make up menjadi bagian dari tradisi dan budaya | Photo: Copyright metro.co.uk

Menariknya lagi, Eric menemukan bahwa setiap masyarakat yang ada di suatu tempat memiliki make up yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Masyarakat ini juga telah membuat make upnya sendiri yang masih memanfaatkan bahan alami di sekitar mereka.

Untuk mengetahui lebih banyak lagi masyarakat yang menggunakan make up sebagai bagian dari budaya dan seni juga peradaban, jangan lewatkan galeri fotonya di bawah ini. Semoga terhibur dan menjadikan kita semakin tahu akan budaya dan tradisi di berbagai belahan dunia ini.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading