Sukses

Lifestyle

Agar Tak Stres Dalam Usaha Mencari Kerja, Tips Ini Akan Membantu

Setelah tugas menuntut ilmu telah terselesaikan, hal besar selanjutnya yang harus diwujudkan adalah mendapatkan pekerjaan yang diimpikan. Dalam penantian mendapatkan pekerjaan, tak bisa dipungkiri rasa tertekan dan tidak tenang kerap menghantui sebagian dari kita.

Belum lagi, jika ternyata rejeki pekerjaan itu tak langsung datang setelah kita lulus. Akibatnya, kita pun akan memiliki banyak waktu luang jika dibandingkan saat kita masih kuliah. Sayangnya, kadang, terlalu banyak memiliki waktu luang justru bisa menyebabkan seseorang menjadi banyak memikirkan kekhawatiran-kekhawatiran yang kadang tak perlu dipikirkan.

Karena memikirkan hal-hal yang tidak perlu inilah, kadang kita dibuat stress sendiri saat pekerjaan tak kunjung datang. Agar Anda tak terlibat dengan perasaan stress berlebihan yang dapat menimbulkan perasaan frustasi yang justru tak sehat bagi Anda, Anda bisa melakukan tips menghindari stress selama masa pencarian kerja yang telah kami rangkum dari laman www.bbc.com, berikut ini.

  • Susunlah Daftar Kegiatan Yang Harus Dilakukan. Agar waktu kosong Anda dapat dimanfaatkan dengan baik, buatlah daftar dan jadwal kegiatan yang harus Anda lakukan agar lebih fokus untuk mendapatkan pekerjaan. Misalnya, mencari daftar perusahaan mana saja yang bisa Anda lamar, mencari referensi menulis CV yang menarik, hingga mengikuti kursus keahlian tambahan yang bisa Anda tonjolkan dalam CV Anda nanti.
  • Hindari Terlalu Banyak Cek Sosial Media. Berhubungan dengan teman di sosial media memang tak ada salahnya. Namun, saat dalam masa pencarian pekerjaan seperti sekarang ini, terlalu banyak menggunakan sosial media (mungkin) justru menimbulkan efek negatif berupa kecemasan berlebihan bagi Anda. Mengapa demikian? Bayangkan saja  ketika Anda melihat banyak teman Anda yang telah mendapatkan pekerjaan atau, bahkan ada teman Anda yang ternyata mendapatkan pekerjaan impian Anda, hal tersebut bisa membuat Anda lebih tertekan bukan? Jika Anda ingin menggunakan sosial media, sebaiknya gunakan untuk mencari lowongan pekerjaan, bukan untuk stalking teman-teman yang telah sukses yang (mungkin) justru akan membuat Anda merasa kecil.
  • Memperbanyak Informasi Perihal Dunia Kerja. Tahu saja tidak cukup, Anda perlu memperbanyak koneksi untuk sumber informasi Anda dalam mencari lowongan pekerjaan. Nah, di masa menunggu datangnya pekerjaan ini, sebaiknya manfaatkan waktu yang ada untuk mencari tahu segala macam informasi mengenai pekerjaan yang Anda akan geluti. Mempelajari profil perusahaan incaran juga akan sangat membantu Anda menambah pengetahuan untuk kemungkinan panggilan wawancara nanti.
  • Lakukan Meditasi. Rasa cemas dan tertekan bisa juga diusir dengan cara meditasi. Banyak orang melakukan meditasi agar pikirannya menjadi lebih tenang dan lebih bisa mengatur perasaan. Jika Anda tak suka meditasi, Anda juga bisa mencoba olahraga ringan seperti jogging di sekitar perumahan. Selain stres hilang sejenak dan menjadi sehat, Anda juga bisa lebih kenal tetangga, yang mungkin bisa menjadi sumber koneksi Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Who knows?


Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda coba untuk dapat memanfaatkan waktu luang selama masa pencarian pekerjaan dengan sebaik-baiknya agar terhindar dari stress yang tak perlu. Selain cara-cara yang telah disebutkan, Anda juga bisa mencoba berlibur atau melakukan kegiatan sosial yang bisa menyibukkan Anda dengan hal-hal yang lebih positif. So, semoga bermanfaat!

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading